-->

Mengenal Lebih Dekat Burung Cucak Biru

Seperti yang telah diketahui, terdapat banyak sekali macam jenis burung cucak, mirip cucak ijo, cucak jenggot, dan cucak rowo. Nah, sudah pernahkah sahabat mendengar wacana cucak biru? Ya, cucak biru adalah salah satu jenis burung kicau yang cukup langka dan sudah tidak banyak ditemukan. Jika dibandingkan dengan jenis burung sejenis mirip cucak ijo, cucak jenggot, dan cucak rowo, cucak biru memang tidak begitu terkenal. Padahal bila dilihat dan diamati lebih detail, kemampuan kicau burung cucak biru juga tidak kalah anggun dari burung cucak lainnya. Untuk mampu melatih kemampuan kicau cucak biru memang diharapkan orang yang berpengalaman dan berkompeten dalam hal tersebut, biar cucak biru layak diikutsertakan dalam kontes burung. Di Indonesia sendiri, selain dikenal dengan sebutan Cucak Biru, burung ini juga disebut dengan nama Cucak Gadung. Sedangkan diluar Indonesia burung ini mampu disebut dengan nama Asian Fairy Bluebird. Selain itu, cucak biru juga mempunyai nama latin yakni Irena Puella. Dari segi fisik burung cucak biru memang terlihat sangat menawan. Memiliki perpaduan warna bulu ialah biru dengan hitam pekat, serta dihiasi dengan warna mata merahnya yang semakin membuatnya terlihat unik, cantik, menarik dan mengagumkan.

 terdapat berbagai macam jenis burung cucak Mengenal Lebih Dekat Burung Cucak Biru

Soal kualitas suara, burung cucak biru juga tidak kalah hebat dan mahir jikalau dibandingkan dengan cucak ijo. Bahkan terkandang banyak juga masyarakat yang beropini bahwa suara kicau cucak biru hampir sama dengan suara kicau cucak ijo, namun pada kenyataanya variasi bunyi kicau burung cucak biru memang terbatas dan tidak sebanyak burung cucak ijo. Memiliki kemampuan variasi bunyi kicau yang terbatas tidak berarti bahwa cucak biru tidak kreatif. Karena cucak biru yakni termasuk salah satu jenis burung yang memiliki kemampuan untuk merekam suara burung kicau lainnya dengan baik. Untuk dapat menambah variasi suara kicau cucak biru, Sobat mampu melatihnya sejak dia masih kecil. Dengan rajin mendekatkan dan memperdengarkan bunyi kicau burung lain, hal tersebut akan membantunya tumbuh menjadi burung kicau yang berkualitas.

Sebenarnya, penyebaran burung cucak biru lebih merata di wilayah luar Indonesia, seperti Filipina, Malaysia, Bangladesh, India, Srilangka, dan juga Nepal. Sedangkan untuk area Indonesia sendiri, burung cucak biru banyak ditemukan di sekitar Pulau Jawa, Sumatra dan Kalimantan. Burung cucak biru menyukai hutan di dataran tinggi. Cucak biru hidup secara berpasang-pasangan dan berkoloni dalam sekala yang kecil yakni hanya sekitar 6-8 ekor saja. Tak jarang, cucak biru juga senang bebaur dengan jenis burung kicau lainnya. Cucak biru suka memakan serangga kecil dan buah-buahan mirip pisang dan pepaya.

Semoga ulasan singkat kami mengenai burung cucak biru mampu menambah wawasan dan pengetahuan kita semua. Terimakasi, sukses selalu.

0 Response to "Mengenal Lebih Dekat Burung Cucak Biru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel