-->

Mengenal Dan Berternak Burung Parkit

Jualtelurjangkrik 0858-5314-7511.blogspot.com - hai teman Jualtelurjangkrik 0858-5314-7511, apakabr? Smoga sehat selalu ya. Ok, kali ini teman Jualtelurjangkrik 0858-5314-7511 akan mengulas hal mengenai mirip judulnya di atas yaitu Mengenal dan Berternak Burung Parkit, yup kita langsung saja.

Disini
Makanan
Makanan burung parkit bervariasi antara biji-bijian, buah dan sayuran. Biji-bijian yang baik dan disukai burung parkit yakni jawawut, dan milet putih. Buah-buahan yang disukai burung parkit antara lain: apel, pir, melon, dan pisang. Dan sayuran yang baik untuk burung parkit yaitu: jagung muda, touge, brokoli, wortel dan bayam. Makanan yang paling dilarang untuk burung parkit adalah alpukat dan coklat karena bersifat racun bagi burung parkit.

 akan mengulas hal mengenai seperti judulnya di atas yaitu  Mengenal dan Berternak Burung Parkit

Siklus Hidup
Burung parkit yaitu binatang monogami. Mereka cenderung mempunyai hanya satu pasangan seumur hidup mereka. Saat kawin, sperma berpindah dari badan parkit jantan ke betina melalui penempelan kloaka. Proses kawin ini berlangsung sangat cepat, hanya dalam hitungan detik. Sekitar satu minggu sehabis kawin, parkit betina akan mulai bertelur. Induk parkit mengeluarkan satu telur setiap harinya hingga ada 4 hingga 6 telur. Telur-telur ini akan di erami selama 17-19 hari hingga hasilnya menetas.

Secara berurutan anak burung parkit akan menetas setiap dua hari. Anak burung parkit terlahir buta dan tanpa bulu, mereka benar-benar tidak mampu bertahan hidup tanpa dukungan induk mereka. Induk parkit hartus terus menerus memperlihatkan kehangatan kepada bayi-bayinya hingga mereka menumbuhkan bulu, induk parkit memberikan kuliner kepada anaknya dengan cara memuntahkan masakan yang telah dia cerna ke lisan anaknya. Anak burung parkit tumbuh sangat cepat.

Setelah berumur sepuluh hari, mata anak burung parkit akan terbuka. Beberapa hari lalu anak burung parkit mulai menumbuhkan bulu mereka, diawali dengan tumbuhnya bulu-bulu halus dan di ikuti poros bulu (pin feathers) yang berbentuk seperti jarum tebal yang muncul dari kulit mereka. Sekitar satu bulan, bulu anak burung parkit sudah hampir tumbuh tepat.

Anak burung parkit sudah mampu makan sendiri dan siap meninggalkan sarang sekitar usia 42 hari. Saat itu burung parkit muda sudah mampu terbang dan menjaga diri mereka sendiri. Setelah 4 bulan burung parkit muda merontokan bulu untuk pertama kalinya. Di tandai dengan hilangnya contoh garis hitam di dahi mereka. Setelah perontokan bulu pertama, parkit muda telah berubah sepenuhnya menjadi parkit remaja. Parkit betina cukup umur akan mulai belajar bertelur di usia 5 bulan.

Di usia 6 bulan akan muncul lingkaran putih di sekitar bola mata, yang disebut cincin iris sebagai indikasi umur burung parkit. Semakin terperinci cincin iris, semakin bau tanah umur burung parkit. Parkit bisa hidup antara 5-8 tahun, namun pada perkara istimewa, parkit bisa hidup hingga lebih dari 10 tahun bila dirawat dengan baik.

Kandang Parkit
Di alam, burung parkit liar mampu dengan bebas memilih kawasan mereka tinggal, namun tidak sama halnya dengan burung parkit peliharaan. Burung parkit peliharaan akan tinggal di kandang yang sudah di tentukan pemiliknya. Kandang parkit sebagai daerah berlindung harus mempunyai ruang gerak dan bermain yang cukup supaya parkit merasa nyaman, betah dan tidak stres. Dimensi kandang parkit (minimal) untuk kawasan tinggal sepasang parkit yakni : 45cm (panjang) x 45cm (lebar) x 60cm (tinggi) dengan ukuran bar space (terlali kandang) 1/2 inch.

Fun Facts

  • Burung parkit ialah burung peliharaan terpopuler di dunia
  • Dengan pelatihan yang tepat, burung parkit mampu mencar ilmu berbicara
  • Burung parkit mampu memutar kepalanya hingga 180 derajat. Di alam liar hal ini menguntungkan mereka dengan jangkauan pengelihatan yang lebih luas untuk menghindari predator
  • Penemuan fosil di Australia mengungkapkan bahwa burung parkit telah hidup di bumi jauh lebih usang sebelum insan
  • Burung parkit mempunyai dua jari kaki menghadap ke depan dan dua jari menghadap ke belakang. Unggas lain mempunyai tiga jari kaki menghadap ke depan dan satu jari menghadap ke belakang
  • Kebanyakan burung parkit membuang kotoran (poop) setiap 10-20 menit sekali
  • Suhu tubuh normal burung parkit yaitu 39 derajat Celcius dengan jantung berdetak lebih dari 200 kali per menit
  • Burung parkit mampu menangkap 150 gambar per detik, sementara insan hanya 16 gambar per detik
  • Burung parkit dapat mendengar bunyi dengan jangkauan 400-20.000Hz

Demikianlah ulasan di atas ini, maaf jikalau panjang lebar. Semoga ulasan di atas ini bermanfaat untuk kita semua, dan kalau ada yang ingin Anda tanyakan silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah ini atau bisa pribadi melalui Contak kami melalui email. Terimakasih, sukses selalu.

0 Response to "Mengenal Dan Berternak Burung Parkit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel