-->

Cara Menawarkan Masakan Anakan Burung Love Brid

hobiku23- Anakan burung Lovebird sudah mampu Anda ambil dari induknya mulai dari usia 7 hari. Cara memberi makan anakan burung Lovebird usia 7 hari harus ekstra hati-hati, pilihlah kuliner yang halus dan mengandung cukup gizi dan nutrisi untuk pertumbuhan anakan burung Lovebird. Makanan yang mampu diberikan mampu dibeli di toko burung, atau mampu juga menggunakan masakan bubur bayi seperti Promina dan sejenisnya yang berbentuk abu yang dapat dicampur air higienis atau air panas yang sudah dimasak. Campuran masakan dan air di sesuaikan dengan usia burung. Semakin anakan bertambah besar makananpun agak kental.

Agar sisa kuning telur (bawaan lahir) habis tercerna, jangan berikan masakan dalam 24 jam pertama sehabis menetas. Boleh diberikan beberapa tetes air atau yoghurt secara terencana untuk mencegah kehilangan cairan tubuh , air atau yoghurt yang diberikan suhunya sekitar 39° C. Setelah 24 jam, bantuan masakan pertama dapat dilakukan. Untuk pertama kali, kuliner harus dalam kondisi sangat cair saat pinjaman.

Penanganan
Pemberian masakan "Handrearing/Hand Feed" memerlukan keterampilan. Pemula disarankan untuk berlatih dengan anakan Lovebird biasa.

Agar hasil pinjaman optimal, anakan burung Lovebird dan peternak harus dalam posisi yang nyaman. Anakan burung Lovebird yang dalam posisi tidak nyaman akan menolak masakan dan lebih banyak menumpahkan makanannya. Dengan menarik lehernya sedikit dan atau menekan pelan paruhnya, reflek alami piyik untuk meminta makan mampu dirangsang. Dengan cara ini kerongkongan akan tertutup sehingga tidak ada kuliner yang bisa masuk sistem pernafasan.

Pencampuran dengan air harus merata, disarankan untuk mengocok masakan dengan kocokan (mixer). Gumpalan yang tidak larut akan menghalangi suntikan yang apabila ditekan dan keluar akan menyebabkan tersedak.

Setelah makan, semua sisa masakan di paruh burung dan bulu burung harus dibersihkan dengan kain berair atau tissue. Sebelum mengambil piyik dari inkubator, selalu bersihkan tangan terlebih dahulu untuk memcegah penularan penyakit.

Peralatan
Semua peralatan Handrearing/Hand Feed (sendok,suntikan, tube, termometer, wadah, dll) harus selalu higienis dan steril. Lebih simpel jikalau menggunakan 2 set peralatan sehingga peralatan yang sudah dipakai sesudah di basuh mampu dibiarkan mengering dengan disenfektan yang sesuai. Disenfektan yang dipakai adalah bebas fungsi, virus dan kuman. Sangat penting untuk membiarkan peralatan benar-benar kering sesudah disenfektan.

Inkubator
Inkubator disarankan diletakan di ruang terpisah dari burung yang lebih besar. Suhu seharusnya 22° C untuk mencegah kedinginan dikala sumbangan makan. Sangat disarankan untuk menyelidiki ulang suhu dan kelembaban untuk menemukan kesalahan mesin pengukur. Inkubator disarankan agak gelap untuk memenangkan anakan burung Lovebird (seperti sarang alami yang dilindungi induk). Kelembaban sekitar 60 - 70 %.

Pada inkubator yang terdapat perambatan panas harus dipastikan adanya pentilasi, kelembaban harus lebih tinggi untuk mencegah kekurangan cairan tubuh. Pakailah inkubator terpisah untuk anakan burung Lovebird dari indukan yang berbeda. Anakan lobebrid ditempatkan di wadah terpisah dalam inkubator. Letakan tissue kertas sebagai ganjal untuk awalnya, berikutnya mampu memakai bagian kayu atau kain kasa.

Alas dilarang terlalu lembut biar anakan Lovebird mampu berpijak mencengkram dikala berdiri.

Terimakasih telah menyimak ulasan kami ini, agar mampu bermanfaat untuk para kicau mania semua. Sukes selalu, salam hobiku23.
Untuk Masteran DISINI

0 Response to "Cara Menawarkan Masakan Anakan Burung Love Brid"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel