-->

Pakan Alami Dan Buatan Untuk Ternak Jangkrik

Pakan alami jangkrik yang berupa sawi putih, sawi hijau, terung, gambas, kacang buncis, kacang tanah, kacang panjang, dan wortel juga harus disiapkan. Pakan dilarang mengandung pestisida, oleh sebab itu harus dicuci bersih sebelum dipakai. Pakan jangkrik pada prinsipnya harus mengandung beberapa vitamin, mineral, karbohidrat, dan protein.

Pakan alami jangkrik yang berupa sawi putih Pakan Alami dan Buatan untuk Ternak Jangkrik
Pakan alami dan kawasan peneluran jangkrik

Selain pakan alami, di dalam kandang juga perlu dilengkapi dengan seresah atau kertas bekas daerah telur ayam sebagai tempat persembunyian, pasir halus daerah peneluran, dan pakan buatan untuk anak jangkrik

Pakan buatan diberikan khususnya pada jangkrik yang gres menetas atau yang masih berumur 1-20 hari. Pakan buatan berupa tepung campuran antara jagung, kedelai, dan kacang hijau dengan perbandingan 2:1:1. Pakan buatan ini ialah pakan yang secara sederhana mampu dibuat sendiri dengan mudah. Cara membuatnya:
  • Jagung, kedelai, dan kacang hijau digoreng tanpa minyak selama 15 menit dengan nyala api kecil atau diubahsuaikan agar tidak gosong.
  • Kemudian didinginkan pada suhu kamar.
  • Selanjutnya, ditumbuk sampai halus dan dicampur dengan susu debu untuk bayi sebanyak dua sendok makan untuk setiap 250 gram tepung.
  • Pakan buatan siap diberikan pada anak jangkrik.

Selain pakan buatan, pakan alami harus tetap diberikan. Ketika jangkrik berumur 21-40 hari maka perlu ditambahkan minyak ikan dengan cara dua butir minyak ikan dilarutkan dalam air dan disemprotkan pada daun sawi hijau dengan memakai sprayer, penyemprotan diusahakan tidak terlalu lembap.
Tambahan pakan alami berupa kecambah kacang hijau sangat baik diberikan pada jangkrik sesudah umur 40 hari. Hal tersebut bertujuan untuk menambah kemampuan bereproduksi dan pembentukan sistem kekebalan tubuh.

Menurut penelitian yang seksama, bahwasanya telah ditemukan resep pakan jangkrik yang ideal yang terdiri atas gabungan kasein, aphacel, dextrose, garam gabungan, dan kolesterol yang ditambah dengan vitamin B campuran, E, dan K1. Adapun perbandingan antar materi pakan tersebut adalah seperti yang tertera pada tabel berikut.

Pakan alami jangkrik yang berupa sawi putih Pakan Alami dan Buatan untuk Ternak Jangkrik
Komposisi pakan buatan untuk jangkrik

Komposisi pakan pada tabel tersebut perlu ditambah dengan vitamin-B gabungan (10 ml), vitamin E (1 ml), dan vitamin K1 (ml). Garam gabungan terdiri atas NaCI (105 g), KCI (120 g), KH2PO4(310 g), CaHPO4 (148,3 g), CaCo3 (210 g), MgSO4 (90,5 g), FePO4.4H2O (14,7 g), MnSO4.H2O (0,23 g), ZnCO3 (0,55 g), dan CuSO4 (0,72 g).

Vitamin B-adonan terdiri atas Thiamin HCI (1,2 mg), Riboflavin (1,8 mg), Nicotinic acid (10 mg), Pyridoxine HCI (1,6 mg), Ca panthothenate (4 mg), Choline chloride (100 mg), Inositol (200 mg), p-Amino-benzoic acid (5 ml), Folic acid (0,5 mg), dan Biotin (0,06 mg).

Cara menciptakan pakan tersebut yakni sebagai berikut:
  • Letakkan kasein, dextrose, dan garam pada mortar dan campurlah sampai merata.
  • Tambahkan vitamin b-adonan dan aduk hingga merata.
  • Campuran bahan yang ada di mortar dipindahkan ke atas kertas saring, letakkan tersebar di atas kertas dan biarkan hingga mengering (biasanya selama 2 jam). Kalau sudah kering, masukkan lagi pada mortar dan gerus sampai homogen. Tambahkan alphacel dan aduk.
  • Tambahkan chloroform, vitamin E, dan vitamin K1 selanjutnya aduk sampai merata.
  • Pindahkan lagi adonan materi yang ada di mortar ke atas kertas saring, letakkan tersebar di atas ker­tas dan biarkan hingga chloroformnya habis menguap (biasanya selama 2 jam).
  • Pakan siap diberikan pada jangkrik. Apabila kelebihan, pakan dapat disimpan dengan cara memasukkan pakan pada wadah dan simpan di refrigerator pada suhu 5 °C. Sewaktu-waktu membutuhkan pakan tinggal mengambilnya dari dalam refrigerator.

Di pasaran internasional, sudah dijual pakan buatan un­tuk jangkrik, salah satu contoh yaitu produk pakan buatan untuk jangkrik yang diproduksi oleh superfoods

Pakan buatan tersebut mengandung nutrisi, mineral, protein, dan vitamin yang seimbang untuk jangkrik. Menurut iklannya, bila menggunakan pakan tersebut maka tidak perlu lagi memperlihatkan pemanis pakan lain

0 Response to "Pakan Alami Dan Buatan Untuk Ternak Jangkrik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel