Cara Paling Efektif Memasarkan atau Menjual Hasil Ternak Jangkrik

Pada setiap usaha pasti dibutuhkan teknik dan strategi pemasaran hasil, contohnya yang akan kita bahas berikut ini adalah tentang strategi pemasaran hasil ternak jangkrik.

Menjadi peternak jangkrik kita harus mengetahui strategi pemasaran hasil ternak jangkrik yang efektif, efisien serta berkesinambungan. Tujuan dari strategi pemasaran ternak jangkrik adalah untuk meningkatkan penjualan, meningkatkan laba atau keuntungan. Karena akan percuma bila kita bisa panen jangkrik banyak namun tidak bisa memasarkan hasil jangkrik tersebut.
Cara Paling Efektif Memasarkan atau Menjual Hasil Ternak Jangkrik
Cara Paling Efektif Memasarkan atau Menjual Hasil Ternak Jangkrik 
Meskipun banyak yang mengatakan bahwa permintaan konsumen untuk jangkrik pakan burung belum tercukupi dari peternak jangkrik, tapi kenyataan di lapangan berkata lain. Banyak peternak jangkrik yang berkeluh kesah, sulitnya untuk menjual hasil panen jangkrik dari kandang mereka, khususnya untuk pemula.

Berikut adalah cara untuk menjual hasil ternak jangkrik yang dapat anda mulai coba praktekkan.

1. Menjual ke kios burung
Ini adalah cara gampang untuk menjual jangkrik yaitu anda langsung membawa jangkrik hasil panen ke kios burung dan menawarkan jangkrik untuk dijual di kios burung tersebut.

Tapi biasanya kendala yang dihadapi adalah kios burung sudah mempunyai langganan peternak atau sales jangkrik yang mengisi kotak jangkrik di kios tersebut. anda harus membuat penawaran yang kompetitif untuk harga jual jangkrik dan memiliki jangkrik yang berkualitas, tidak gampang mati dan mempunyai timbangan yang lebih bagus agar pemilik kios burung tertarik untuk membeli jangkrik hasil panenan anda.

2. Menjual langsung ke konsumen atau ke penangkar burung kicauan
Cara yang ini agak sedikit ribet serta butuh waktu dan tenaga, karena anda harus menawarkan langsung ke konsumen. Target pasarnya jelas, siapapun penghobi kicau burung disekitar tempat tinggal anda atau ke penangkar burung seperti penangkar burung murai, penangkar kacer atau cucak rowo disekitar rumah anda. Mereka pasti memerlukan jangkrik yang tidak sedikit untuk burung tangkaran.

Kelebihan menjual jangkrik langsung ke konsumen atau ke penangkar burung kicauan adalah harganya pasti lebih mahal jika di bandingkan dengan menjual kepada tengkulak.

3. Menawarkan lewat internet
Saat ini adalah jaman milenial, jaman internet, jadi kita juga dapat memanfaatkannya untuk mencari informasi serta memasarkan hasil ternak jangkrik. Cara paling mudah adalah menawarkan melalui postingan di forum atau grup jual beli yang ada di media sosial seperti facebook, instagram ataupun di twitter.
Internet bisa menjangkau setiap penjuru dunia dan semua kalangan, jadi cara ini saya rasa paling efektif jika anda bisa memanfaatkannya dan menguasai strategy marketing, karena target pasarnya sangat luas.

4. Menjual ke Pengepul Jangkrik/ Bandar Jangkrik/ Tengkulak Jangkrik
Langkah terakhir adalah menjual hasil panen jangkrik kepada pengepul jangkrik. Cara ini tergolong paling mudah untuk memasarkan hasil ternak jangkrik. Pengepul yang akan datang ke tempat anda, memanen jangkriknya, menimbang serta mengemas kemudian membayar jangkrik yang anda ternak.
Kelemahan dari cara penjualan hasil ternak jangkrik kepada pengepul jangkrik adalah anda tidak bisa menentukan harga jual jangkrik yang anda panen. Karena hal itu sepenuhnya keputusan dari pengepul jangkrik untuk membeli dengan harga berapa untuk jangkrik anda.

0 Response to "Cara Paling Efektif Memasarkan atau Menjual Hasil Ternak Jangkrik "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel