Cara Mengatasi HAMA pada PETERNAKAN JANGKRIK

cara mengatasi hama pada peternakan jangkrik-Beternak jangkrik memang sedikit susah-susah gampang, apalagi bagi peternak pemula. Bukan isapan jempol belaka, banyak peternak pemula mengalami kerugian akibat gagalnya panen jangkrik, salah satu faktor yang menyebabkan adalah akibat serangan hama ternak jangkrik. 
Pada postingan terdahulu, kami telah berbagi info analisa usaha ternak jangkrik dan 5 tips merawat jangkrik berdasarkan umurnya, kali ini kami akan membagikan informasi yang tidak kalah penting yaitu jenis hama pada peternakan jangkrik serta cara mengatasi hama pada peternakan jangkrik. 

Cara Mengatasi HAMA pada PETERNAKAN JANGKRIK
Cara Mengatasi HAMA pada PETERNAKAN JANGKRIK

Pada peternakan jangkrik, hama sangat berpengaruh dalam keberhasilan ternak. Mengapa demikian? Salah satu penyebab kegagalan ternak jangkrik adalah hama. Hama pada peternakan jangkrik tidak hanya memangsa jangkrik, namun hama juga bisa membuat jangkrik stress, kemudian tidak mau makan akhirnya akan mengakibatkan jangkrik mati secara perlahan-lahan. 
Berikut ini beberapa hama pada peternakan jangkrik yang perlu diwaspadai agar jangkrik yang dibudidayakan terhindar dari gagal panen. 
1. Hama Semut Merah/Api
Semut merah sering naik ke dalam box jangkrik dan memangsa jangkrik saat baru menetas. Sangat repot bila semut merah sudah masuk ke dalam box jangkrik. Cara mengatasinya semut merah bila sudah terlanjur masuk ke dalam box jangkrik sedikit susah, harus dieliminasi manual.
Cara agar semut merah tidak masuk ke dalam box sebenarnya tidak sulit. Hanya menaruh oli bekas dalam wadah dan diletakkan di kaki box jangkrik. Cara ini mempersulit semut merah naik ke atas box jangkrik.

2. Hama Tikus
Tikus juga sering masuk ke dalam box jangkrik. Selain memangsa jangkrik dan pakan pur yang disediakan untuk jangkrik, tikus juga bisa bersarang dalam box jangkrik sampai beranakpinak. Hama tikus sangat bau dan penuh dengan kotoran, sekali hama ini masuk kedalam kotak maka dapat saya pastikan kotak tersebut sudah terkontaminasi berbagai penyakit seperti virus dan bakteri.
Sebagai pengendalian sebaiknya diatas kotak kamu beri penutup dari kain kasa atau jaring besi agar tikus-tikus curut tidak masuk.

Cara Mengatasi HAMA pada PETERNAKAN JANGKRIK
Cara Mengatasi HAMA pada PETERNAKAN JANGKRIK

3. Hama Ayam dan Burung Gereja

Jangkrik menjadi salah satu makanan favorit bagi burung dan unggas, terutama ayam dan burung gereja. Ayam yang nakal biasanya naik kedalam box jangkrik dan mengacak-acak media tempat sembunyi jangkrik. Burung gereja pun demikian. Diam-diam masuk ke kandang atau gudang jangkrik secara bergerombol dan memangsa jangkrik.

Selain itu kotoran yang ditinggalkan hama burung ini juga dapat menjadi vektor penyebab penyakit bagi jangkrik. Jika kotak jangkrik anda sudah dilindungi dengan jaring besi maka dapat dipastikan jangkrik aman!


Cara Mengatasi HAMA pada PETERNAKAN JANGKRIK
Cara Mengatasi HAMA pada PETERNAKAN JANGKRIK

4. Hama Ngengat Kecil

Hama ngengat kecil ini biasanya akan masuk ke dalam kandang dan bertelur pada media pembesaran jangkrik. Telur akan menetas menjadi larva kecil seperti ulat bulu. Ulat itulah yang akan memangsa jangkrik yang sedang berganti kulit. Biasanya akibat dari serangan ulat bulu ini akan menyebabkan jangkrik menjadi luka dan mati. Untuk pengendalian ngengat kecil ini, kamu dapat menggunakan penjebak ngengat elektronik.

Cara Mengatasi HAMA pada PETERNAKAN JANGKRIK
Cara Mengatasi HAMA pada PETERNAKAN JANGKRIK

5. Hama Cecak

Memang hama cecak tidak terlalu bahaya, ya paling memangsa jangkrik 2-3 ekor udah kenyang tapi kalau keseringan emosi juga, benar tidak bos? hehehe
Pencegahannya sama dengan hama tikus dan burung, jika kotak anda sudah terlindungi dengan jaring maka dapat dipastikan aman!

6. Hama Gurem Atau Kumbang Kecil 
Hama gurem ini juga termasuk hama yang sangat menjengkelkan. Jika tidak segera dibasmi hama ini dapat berkembang dengan sangat cepat pada media pakan jangkrik dan kotoran jangkrik.
Biasanya hama ini berasal dari pakan dan media yang kualitasnya buruk. Oleh karena itu sebelum membuat media dan pemberian pakan jangkrik kamu perhatikan dulu apakah terbebas dari hama gurem atau kumbang-kumbang kecil.

Cara Mengatasi HAMA pada PETERNAKAN JANGKRIK
Cara Mengatasi HAMA pada PETERNAKAN JANGKRIK

Jika pada media atau pakan yang akan kamu gunakan terdapat kumbang-kumbang kecil sebaiknya kamu sterilkan dengan cara dijemur atau di oven sebentar agar hama tersebut mati.



Kami dapat membantu anda memperoleh telur jangkrik alam dengan kualitas super dan harga yang terjangkau Sebagai bahan memulai ternak jangkrik anda dengan harga sebagai berikut : 

Cara Mengatasi HAMA pada PETERNAKAN JANGKRIK
Harga telur jangkrik Alam 200rb / kg (belum termasuk ongkir alamat Tujuan)


Grosir Telur Jangkrik Alam

Vaulia Farm
SMS / WhatsApp : 0858-5314-7511
BBM : DA857FC3

0 Response to "Cara Mengatasi HAMA pada PETERNAKAN JANGKRIK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel