Perbedaan Ternak Jangkrik dengan Bisnis Jangkrik

Perbedaan Ternak Jangkrik dengan Bisnis Jangkrik-Bagi para pemula yang akan memulai budidaya jangkrik, terkadang mengalami kebingungan saat mengambil langkah pertama dalam usaha per-jangkrik-an. Terutama bagi mereka yang memiliki background yang tidak ada sangkut pautnya dengan usaha budidaya atau peternakan. Seringkali, saat niat ternak jangkrik sudah ada, modal juga sudah tersedia, kita akan dipusingkan dengan pertanyaan kemana kita akan menjual hasil panen jangkrik kita, siapa yang akan menampung, berapa harga panen jangkrik dan sebagainya. 
Salah satu hal yang dapat anda garis bawahi saat akan memulai terjun ke usaha per-jangkrik-an, pertama kali kita wajib menetapkan tujuan kita menggeluti usaha jangkrik. Apakah kita akan beternak jangkrik ataukah kita akan berbisnis jangkrik.
Dua hal tersebut apakah ada bedanya? 

Perbedaan Ternak Jangkrik dengan Bisnis Jangkrik
Perbedaan Ternak Jangkrik dengan Bisnis Jangkrik

Jelas ada bedanya, ternak jangkrik itu sebenarnya sangat gampang. Tujuan akhir kita hanyalah bisa panen jangkrik dengan hasil yang maksimal. Cukup punya 1 box jangkrik, tetaskan telur didalamnya, kemudian diberi makan yang sesuai dengan kebutuhan jangkrik itu sendiri. Ditunggu smpe 30 hari, panen deh. Gak pusing mikir hasil ternak jangkriknya itu bisa kembali modal ataukah ada keuntungan yang signifikan kita dapatkan.
Beda ceritanya apabila kita akan fokus berbisnis jangkrik. Kita harus memahami sejelas-jelasnya dan sedetail-detailnya alur produksi jangkrik mulai dari awal hingga akhir, sekaligus pemasaran hasil panen jangkrik itu sendiri. Karena yang kita kejar dalam bisnis jangkrik ini adalah keuntungan. 
Dalam berbisnis jangkrik, banyak hal yang wajib kita rencanakan. Diantaranya adalah :
1.       Berapa banyak box jangkrik yang wajib kita punya agar panen jangkrik bisa kontinyu dan kebutuhan langganan tercukupi.
2.       Berapa banyak telur jangkrik yang harus ditetaskan dalam 1 bulan agar pasokan jangkrik selalu ada dan tidak putus ditengah jalan.
3.       Cara ternak jangkrik yang bagaimana yang dapat menghasilkan hasil panen jangkrik yang banyak dan sehat
4.       Suplier bibit jangkrik mana yang dapat memberikan bibit jangkrik yang bagus dan bergaransi
5.       Berapa harga jual yang pantas untuk satu kilogram jangkrik agar kita tidak menanggung rugi
6.       Dan lain sebagainya

Perbedaan Ternak Jangkrik dengan Bisnis Jangkrik
Perbedaan Ternak Jangkrik dengan Bisnis Jangkrik

Jadi dalam beternak jangkrik, kita harus benar-benar memikirkan sisi bisnis jangkrik agar budidaya dan peternakan jangkrik kita dapat berkembang pesat, mampu memenuhi kebutuhan konsumen jangkrik, serta dapat membuka lapangan kerja bagi orang lain. Itu kan yang diharapkan oleh semua peternak jangkrik?

0 Response to "Perbedaan Ternak Jangkrik dengan Bisnis Jangkrik "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel