5 Tips Merawat Jangkrik Alam Berdasarkan Usia Agar Panen Berlimpah

5 Tips Merawat Jangkrik Alam Berdasarkan Usia Agar Panen Berlimpah-Budidaya jangkrik memang merupakan usaha ternak yang cukup mudah. Namun sayangnya kadang pengusaha jangkrik gagal dalam proses pembudidayaannya. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan peternak mengenai cara perawatan jangkrik. Agar budidaya jangkrik anda berhasil, maka anda perlu untuk mengetahui cara merawat jangkrik yang benar. Biasanya kegagalan pada ternak jangkrik dikarenakan terkena penyakit, serangan hama ataupun ketidaksiapan peternak jangkrik menghadapi perubahan cuaca dan suhu. Nah, untuk itulah anda sebagai para pengusaha jangkrik wajib tahu bagaimana cara merawat jangkrik dengan benar. 

Tips Merawat Jangkrik Alam
Tips Merawat Jangkrik Alam

Tips merawat jangkrik yang benar pada intinya adalah cara mengatur suhu, kelembaban, pakan serta pemeliharaan. Perawatan jangkrik yang benar harus disesuaikan dengan umur jangkrik itu sendiri. Berikut ini cara pemeliharaan jangkrik yang benar 

baca juga : Prospek Ternak Jangkrik Yang Menguntungkan Tahun 2018 
1. Pemeliharaan jangkrik Alam umur 1 sampai 15 hari
Pada usia 1-15 hari merupakan saat yang paling rentan bagi bibit jangkrik yang baru menetas. Jangkrik pada usia ini sangat rentan mati akibat perubahan suhu serta kelembaban yang drastis pada box jangkrik. Oleh karena itu, jangkrik pada usia 1-15 hari ini harus dirawat dengan cara menjaga suhu dan kelembaban pada box jangkrik tetap stabil di suhu 27-32 derajat celsius serta kelembaban 95%. Untuk pakan cukup diberikan sayuran yang banyak mengandung air, seperti gedebog pisang, sawi putih serta oyong atau gambas. 

Tips Merawat Jangkrik Alam
Tips Merawat Jangkrik Alam

2. Pemeliharaan jangkrik alam umur 15 sampai 30 hari
Pada umur 15 sampai dengan 30 hari pemberian pakan dapat dilakukan terus menerus. Selain itu, suhu tetap dijaga stabil dan hangat. Pemberian pur ayam yang digiling menjadi tepung harus selalu ada dalam box jangkrik agar tidak terjadi kanibalisme pada jangkrik alam. Makanan sayuran yang dapat diberikan adalah bonggol pisang atau pohon pepaya yang sudah dibelah. 
3. Pemeliharaan jangkrik alam umur 30 hari sampai panen
Tips merawat jangkrik alam yang terakhir yaitu pada saat jangkrik berumur 31 sampai panen. Pada umur ini jangkrik alam sudah dalam kondisi yang menjelang panen. Jangkrik akan semakin rakus serta menghabiskan banyak pur dan sayuran. Pakan yang diberikan pada jangkrik alam umur segini adalah pur ayam yang mengandung protein rendah serta banyak mengandung serat. Untuk sayuran jangan berikan sayuran yang banyak mengandung air. Hal ini dimaksudkan agar saat dipanen jangkrik alam tidak berair dan tetap kering. Selain itu, jangkrik juga akan lebih sehat.

0 Response to "5 Tips Merawat Jangkrik Alam Berdasarkan Usia Agar Panen Berlimpah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel