Penyebab jangkrik tidak mau makan dan cara mengatasinya!!

Penyebab jangkrik tidak mau makan dan cara mengatasinya!!-Sudah tau belum cara menambah nafsu makan pada jangkrik? Atau ingin agar jangkrik rakus makan tidak pilih-pilih makanan yang diberikan?? Pasti anda tidak ingin jangkrik yang diternak terserang penyakit apalagi sampai tidak mau makan. 

Salah satu masalah pada budidaya jangkrik akhir-akhir ini yang populer dan sering ditemui oleh para peternak jangkrik adalah tiba-tiba jangkrik tidak nafsu makan. Terlihat jangkrik malas-malasan menghampiri pur yang diberikan atau sayuran yang sudah kita masukkan ke dalam box jangkrik. 

Penyebab jangkrik tidak mau makan dan cara mengatasinya!!
Penyebab jangkrik tidak mau makan dan cara mengatasinya!!

Jangkrik tidak mau makan sebenarnya bukan salah satu penyakit, namun merupakan indikasi adanya permasalahan pada kondisi kandang, cuaca serta jangkriknya itu sendiri. Berikut ini salah satu penyebab jangkrik tidak mau makan serta cara mengatasi jangkrik yang tidak nafsu makan.

Penyebab jangkrik tidak mau makan dan cara mengatasinya!! 


Bila kasus jangkrik tidak mau makan hanya beberapa ekor saja yang demikian, kita sebagai peternak tidak perlu khawatir. Namun, bila semua jangkrik di dalam box jangkrik tidak mau makan meskipun pakan sudah diberikan, kita perlu waspada dan mencari penyebabnya. 

Beternak jangkrik bisa dibilang sangat mudah, apalagi saat kita berikan pakan jangkrik baik berupa sayuran maupun pur ayam yang digiling menjadi tepung. Jangkrik pastinya akan langsung berkerumun disekitar pakan dan melahap apapun yang kita berikan. Akan tetapi, ketika sudah diberi makan namun jangkrik tidak berkerumun atau tidak seramai seperti biasanya, yaitu kurang nafsu makan terhadap pakan yang kita berikan maka kita pastilah bertanya-tanya. 

Berikut ini beberapa masalah penyebab jangkrik tidak mau makan atau jangkrik tidak nafsu makan.


Jangkrik akan berganti kulit. 
Bila jangkrik akan berganti kulit, memang jangkrik akan sedikit mengurangi porsi makannya. Jangkrik sedang mencari tempat sembunyi untuk melepas kulit lamanya kemudian berganti dengan kulit baru. Selama proses pergantian kulit tersebut, jangkrik akan berpuasa tidak makan. Namun, setelah jangkrik berganti kulit, maka akan rakus kembali karena jangkrik akan mengganti asupan protein yang tidak didapatkan ketika berganti kulit sebelumnya. 

Penyebab jangkrik tidak mau makan dan cara mengatasinya!!
Penyebab jangkrik tidak mau makan dan cara mengatasinya!!


Jangkrik Stress
Ketika jangkrik stress jangkrikpun akan mengurangi porsi makannya. Penyebab stress pada jangkrik bisa diakibatkan dari terganggunya populasi jangkrik di dalam box jangkrik atau media tempatnya diternak. Gangguan ini dapat berasal dari manusia ataupun dari hewan. Gangguan dari manusia contohnya adalah banyaknya pengunjung atau orang yang berlalu lalang disekitar box jangkrik, mengetuk-ketuk dinding box sehingga menyebabkan jangkrik tidak nyaman. Gangguan dari hewan bisa berupa tikus yang masuk ke dalam box jangkrik, berlalu lalang di dalam media tempat ternak jangkrik, sehingga jangkrik merasa tidak nyaman dan terganggu. Gangguan-gangguan tersebut menyebabkan jangkrik stress dan tidak nafsu makan. 

Cuaca terlalu dingin atau terlalu panas.
Cuaca juga sangat mempengaruhi dan menjadi penyebab jangkrik tidak mau makan atau jangkrik tidak nafsu makan. Seperti kita ketahui bersama, jangkrik merupakan serangga yang aktif pada suhu hangat. Suhu yang dibutuhkan jangkrik untuk aktif bergerak dan mencari makan adalah sekitar 28-32 derajat C. apabila suhu terlalu dingin maka jangkrik akan menjadi pasif, cenderung sembunyi mencari tempat yang hangat dan tidak doyan makan. Begitu juga bila suhu terlalu panas, jangkrik akan bergerak ke tempat yang lapang biasanya menempel di dinding-dinding box untuk mencari angin dingin yang masuk. Suhu yang tidak bersahabat ini lah yang menjadi penyebab jangkrik mogok makan. 

Setelah mengetahui penyebab jangkrik tidak mau makan, mudah-mudahan anda dapat menemukan solusi dan pemecahan masalah pada peternakan jangkrik anda. Yang penting adalah rawatlah jangkrik dengan sebaik-baiknya. Karena usaha dan kerja keras anda akan memperoleh balasan yang setimpal yaitu panen yang luar biasa. 



Kami dapat membantu anda memperoleh telur jangkrik alam dan telur jangkrik kalung dengan kualitas super dan harga yang terjangkau Sebagai bahan memulai ternak jangkrik anda dengan harga sebagai berikut :

Harga telur jangkrik Alam 200rb / kg (belum termasuk ongkir alamat Tujuan)


Harga telur jangkrik Kalung 200rb / kg (belum termasuk ongkir alamat Tujuan)

Grosir Telur Jangkrik Alam

Vaulia Farm
SMS / WhatsApp : 0858-5314-7511
BBM : DA857FC3




0 Response to "Penyebab jangkrik tidak mau makan dan cara mengatasinya!! "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel