Penyebab JANGKRIK Pertumbuhannya LAMBAT

Penyebab jangkrik pertumbuhannya lambat-Budidaya jangkrik adalah salah satu jenis usaha yang cukup menjanjikan dari segi finansial. Betapa tidak, permintaan pasar pakan burung semakin besar dari tahun ke tahun. Hal ini dikarenakan semakin bertambahnya peminat burung berkicau yang tentunya semakin menambah kebutuhan pakan burung berupa jangkrik. Dalam hal ini, jangkrik yang mudah dibudidayakan adalah jangkrik kalung. Selain memiliki pertumbuhan yang cepat, jangkrik kalung juga menjanjikan hasil panen yang lebih dibandingkan jenis jangkrik alam atau jenis jangkrik madu. 

Penyebab JANGKRIK Pertumbuhannya LAMBAT
Penyebab JANGKRIK Pertumbuhannya LAMBAT

Meskipun demikian, ada kendala-kendala yang sering dihadapi oleh peternak jangkrik pemula. Salah satu kendala dalam beternak jangkrik adalah jangkrik pertumbuhannya lambat. Umumnya, jangkrik kalung dapat dipanen pada umur 25-27 hari. Namun terkadang umur jangkrik kalung bisa mundur sampai dengan 32 hari baru bisa dipanen. Hal tersebut menjadi kendala tersendiri bagi para peternak jangkrik yang pastinya menginginkan jangkriknya cepat besar dan cepat dipanen. 
Penyebab jangkrik pertumbuhannya lambat bisa bermacam-macam. Banyak faktor yang membuat panen jangkrik menjadi lambat. Disini kami akan mengulas mengenai faktor penyebab jangkrik pertumbuhannya lambat dan cara mengatasi jangkrik pertumbuhannya lambat agar jangkrik cepat panen. 

Kami dapat membantu anda memperoleh telur jangkrik alam dengan kualitas super dan harga yang terjangkau Sebagai bahan memulai ternak jangkrik anda dengan harga sebagai berikut :

Harga telur jangkrik Kalung dan Telur Jangkrik Alam 200rb / kg (belum termasuk ongkir alamat Tujuan)


Grosir Telur Jangkrik Kalung dan Alam  

Vaulia Farm

SMS / WhatsApp : 0858-5314-7511
BBM : DA857FC3



Penyebab jangkrik pertumbuhannya lambat.


Kurang pakan
Faktor pertama penyebab jangkrik lambat pertumbuhannya adalah kurang pakan. Jangkrik kurang mendapat asupan makanan di dalam box jangkrik. Ini biasanya dikarenakan ketersediaan pakan di sekitar lingkungan tempat ternak jangkrik yang kurang atau tidak teraturnya pemberian pakan jangkrik di dalam box. 
Cuaca yang tidak mendukung
Faktor kedua yang menyebabkan jangkrik lambat dipanen adalah cuaca yang tidak mendukung. Suhu dingin pada kandang peternakan jangkrik membuat jangkrik lebih suka bersembunyi dan enggan naik ke atas eggtray atau klaras untuk mencari pakan. Karena jangkrik tidak makan makanya jangkrik menjadi lambat pertumbuhannya. Hasilnya adalah jangkrik menjadi kuntet atau tidak segera dapat dipanen

Kurangnya pakan yang berprotein
Pemilihan pur pakan jangkrik juga mempengaruhi kecepatan jangkrik tumbuh. Kurangnya kadar protein dalam pur jangkrik menyebabkan jangkrik lambat dalam berganti kulit. Saat jangkrik lambat berganti kulit maka semakin lama pula jangkrik tumbuhnya.

Cara mengatasi jangkrik yang pertumbuhannya lambat 
Penyebab JANGKRIK Pertumbuhannya LAMBAT
Penyebab JANGKRIK Pertumbuhannya LAMBAT

Memberi pakan secara teratur
Untuk mempercepat pertumbuhan jangkrik, cara yang pertama adalah memberikan pakan jangkrik secara teratur. Pakan jangkrik harus tersedia selama 24 jam setiap hari. Jenis dan kebutuhan pakan untuk jangkrik disesuaikan dengan umur jangkrik itu sendiri. Untuk jangkrik yang baru menetas diberikan pakan yang lunak dan banyak mengandung air. Sedangkan untuk jangkrik dewasa yang umurnya lebih dari 20 hari, diberikan pakan yang sedikit mengandung air dan banyak serat. Dengan pemilihan pakan yang tepat dan waktu pemberian pakan yang tepat, maka jangkrik akan cepat panen. 
Menstabilkan suhu di dalam box jangkrik
Cara mengatasi jangkrik yang pertumbuhannya lambat akibat cuaca dingin adalah dengan cara menaikkan suhu di dalam box jangkrik. Kebutuhan suhu yang ideal untuk ternak jangkrik adalah 28-32̊C. apabila suhu didalam box terlalu dingin, kita dapat memberikan penghangat dengan cara memberikan lampu pijar di beberapa titik di dalam box jangkriknya tersebut. 
Memilih pur jangkrik yang berprotein tinggi
Pur jangkrik yang dapat dipilih untuk mempercepat jangkrik panen adalah pur yang mempunyai kadar protein diatas 21%. Merk pur yang disarankan adalah 511 Phokpand. Bila tidak ada merk tersebut diatas, maka anda dapat memberikan pur merk apapun dengan ditambah tepung ikan untuk menaikkan kadar pur di dalam ransum jangkrik itu. 
Memberikan Vitamin atau Probiotik yang sesuai untuk pertumbuhan jangkrik
Salah satu trik yang dilakukan oleh peternak jangkrik untuk mempercepat panen jangkrik adalah dengan cara memberikan vitamin dan probiotik untuk jangkriknya. Vitamin dan probiotik yang disarankan adalah yang terbuat dari bahan herbal alami yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh jangkrik, menambah nafsu makan serta dapat mengurangi tingkat kematian jangkrik. Selain itu penambahan vitamin dan probiotik tentunya dapat meningkatkan hasil panenan jangkrik sehingga peternak mendapatkan bobot jangkrik yang maksimal. 

2 Responses to "Penyebab JANGKRIK Pertumbuhannya LAMBAT"

  1. Gimana cara mengatasi jangkrik kerdil padahal umur sudah 22 hari

    ReplyDelete
  2. Gimana cara mengatasi jangkrik kerdil padahal umur sudah 22 hari

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel