Cara Mengatasi Kematian Jangkrik saat cuaca ekstrim

Cara Mengatasi Kematian Jangkrik saat cuaca ekstrim-Beberapa kali peternak jangkrik dipusingkan dengan tingkat kematian jangkrik yang tinggi saat cuaca ekstrim. Saat cuaca panas beberapa hari kemudian berganti menjadi hujan sore bahkan malam hari, terkadang jangkrik mengalami kematian mendadak. Banyak jangkrik yang bergerombol di dasar box kemudian terjengkang, kejang-kejang dan kemudian mati. 

mengatasi kematian jangkrik saat cuaca ekstrim
mengatasi kematian jangkrik saat cuaca ekstrim



Kematian jangkrik saat cuaca ekstrim ini tidak hanya terjadi pada jangkrik umur 1-15 hari, namun juga dapat terjadi pada jangkrik dewasa yang hampir siap panen. Perubahan suhu udara mendadak membuat jangkrik mudah stress. Stress pada jangkrik dapat berdampak sangat buruk yaitu nafsu makan menjadi turun. Namun yang paling parah adalah dapat mengakibatkan kematian massal pada jangkrik ternakan anda. 



Untuk mengatasi kematian jangkrik saat cuaca ekstrim dapat dilakukan berbagai macam cara, diantaranya adalah sebagai berikut : 


Memberi pemanas pada box jangkrik agar menstabilkan suhu
Apabila cuaca cenderung dingin, maka kita dapat memberikan pemanas pada box jangkrik. Pemanas ini dapat berupa lampu pijar dengan kekuatan 5-15 watt. Dan diberikan pada beberapa titik di dalam box jangkrik. Setelah dinyalakan, kemudian ukur suhu di tiap sudut dan bagian box. Ketika suhu sudah stabil, maka penggunaan lampu dapat disesuaikan dengan kebutuhan suhu yang ideal bagi pertumbuhan jangkrik itu sendiri. 


mengatasi kematian jangkrik saat cuaca ekstrim
mengatasi kematian jangkrik saat cuaca ekstrim


Pemberian Tutup box jangkrik

Tutup box jangkrik ini dapat berupa tutup yang terbuat dari terpal ataupun dari plastik. Fungsi dari pemberian tutup box jangkrik ini yaitu agar kita bisa mengatur suhu di dalam box jangkrik itu sendiri. Bila siang hari suhu didalam box terlalu panas,  kita dapat membuka tutup box jangkrik tersebut. Namun bila malam hari terlalu dingin, kita dapat tutup full sehingga udara dingin dari luar tidak masuk ke dalam box jangkrik. Saat dikombinasikan dengan pemanas atau lampu pijar di dalam box, tutup box jangkrik ini sangatlah efektif untuk mengatur suhu dan kelembaban didalam box jangkrik agar menghindari kematian jangkrik saat cuaca ekstrim. 


Pemberian Probiotik untuk Mengatasi kematian jangkrik saat Cuaca Ekstrim
Dengan penambahan probiotik diharapkan jangkrik tetap sehat saat cuaca ekstrim melanda. Karena probiotik serta bahan-bahan alami yang ditambahkan akan mendorong jangkrik membentuk sistem kekebalan tubuh secara alami hingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Demikianlah Cara Mengatasi Kematian Jangkrik Saat Cuaca Ekstrim. Semoga para pembudidaya jangrik dapat menanggulangi kematian jangkrik saat cuaca ekstrim.

0 Response to "Cara Mengatasi Kematian Jangkrik saat cuaca ekstrim"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel