Daun Widuri sebagai Alternatif Pakan Jangkrik Murah

pakan jangkrik murah-Untuk mendapatkan hasil panen jangkrik yang berkualitas, mestinya faktor-faktor pendukung dalam budidaya jangkrik sangatlah diperhatikan. Selain sumber daya manusia, kondisi kandang, cuaca dan suhu serta pakan juga mempunyai peranan penting. Hal-hal yang sering luput dari perhatian peternak jangkrik adalah dalam pemilihan jenis pakan. Pakan jangkrik berupa sayuran biasanya dicari yang sesuai dengan kebutuhan jangkrik, namun seringkali harganya cukup mahal. 


Sebagai bahan perbandingan, jangkrik bisa diberikan pakan pepaya muda, sawi putih serta gambas atau oyong. Sayur tersebut bisa didapatkan di pasar dengan harga yang variatif. Masalahnya, kebutuhan pakan jangkrik tidaklah sedikit. Kita perlu mengeluarkan biaya lebih untuk memberi makan jangkrik. Akhirnya biaya produksi juga meningkat. Padahal, yang diharapkan adalah produksi jangkrik dengan hasil semaksimal mungkin namun masih bisa menekan biaya produksi agar tidak membengkak.
 
daun leduri tumbuh perbukitan
Salah satu alternatif pakan untuk jangkrik adalah daun widuri. Pohon widuri adalah sejenis tumbuhan semak yang biasa hidup di daerah pantai hingga perbukitan yang bercuaca kering. Tanaman widuri yang masih termasuk ke dalam anggota famili Aselepiadaceae ini daunnya memiliki rasa pahit, dan berbau lemah. Sementara kulit akarnya memiliki rasa pahit, dan berbau lemah. Kandungan senyawa kimia yang terdapat pada daun widuri antara lain saponin, flavonoid, polifenol, glukosida kalotropin, sedikit damar, alban, dan fluavil. Sedangkan akarnya mengandung saponin, flavonoida damar pahit (kuning) dan damar asam (hitam).
 
Biduri atau Widuri (nama bahasa Latin: Calotropis gigantea) adalah sejenis tumbuhan yang umum dijumpai di Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, Sri Lanka, India dan China.
 
contoh daun widuri

Nama lain tanaman widuri adalah Biduri, Widuri, Rembiga, Leduri. Daun widuri dapat diberikan pada jangkrik ketika berumur 10hari keatas. Cara pemberian daun widuri ini adalah dengan direndam air terlebih dahulu, kemudian ditiriskan. Ketika air sudah tidak menetes lagi, baru diberikan pada jangkrik yang ada di dalam box jangkrik. 

 
Berikan daun widuri ini secara teratur setiap hari sampai jangkrik panen. Daun widuri ini sangat cocok diberikan pada jangkrik saat jangkrik 10 hari sebelum panen. karena sedikit mengandung air dan banyak mengandung serat. Sehingga tidak menyebabkan jangkrik mencret atau berair.
Demikian info mengenai pakan jangkrik alternatif pengganti sayuran, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda semua. Salam.

0 Response to "Daun Widuri sebagai Alternatif Pakan Jangkrik Murah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel