Usaha ternak Jalak bali untuk Pemula

Usaha ternak Jalak bali-Pecinta burung berkicau pasti tidak asing lagi dengan jalak bali. Burung tipe  jalak-jalakan ini berkerabat dekat dengan burung jalak uren, burung jalak kebo dan burung jalak hongkong. Jalak bali itu sendiri merupakan  burung yang bisa ditemukan di seluruh kawasan indonesia. Ciri-ciri jalak bali bisa dikenali dari bulu di seluruh tubuhnya yang berwarna hitam dan putih. Warna putih bulu burung jalak bali mendominasi dada, perut, punggung dan dahi. Sedangkan warna hitam ada sedikit terdapat di bagian punggung. Kecuali dari bulunya, jalak bali juga dikenali dari warna sekitar wajahnya yang semburat biru. Sedangkan kaki jalak bali warnanya putih.

Jalak bali terkenal pintar menirukan macam bunyi burung lainnya. Terlebih dikala digantang diluar rumah dan ada orang asing yang lewat, pasti jalak bali ini akan  berkicau dengan lantang dan mengeluarkan kicauan yang variatif). Sangat menarik sekali Mengobrolkan mengenai jalak bali, sebetulnya burung jenis ini memiliki kesempatan besar untuk menambah pundi-pundi rupiah anda. Bagaimana caranya? Ialah  dengan metode mencoba kesempatan usaha ternak jalak bali. Bisnis burung kicau ini memang menggiurkan. Sejodoh piyik jalak bali dihargai Rp. 1.5 juta, sedangkan  jalak yang sudah jadi dibandrol Rp. 4juta. Jadi memang bisnis budidaya jalak bali ini bisa dijadikan alternatif usaha sampingan bagi anda yang suka merawat burung berkicau
Ternak Jalak bali

Usaha ternak Jalak bali untuk Pemula

Sebagaimana yang sudah kita jelaskan pada ulasan diatas, Usaha Budidaya Jalak bali memang menjanjikan keuntungan yang berlipat ganda. Hal itu dikarenakan permintaan pasar akan jalak bali bahan dan jalak bali muda mengalami peningkatan yang cukup tinggi. Merawat jalak balipun bisa dikatakan sangat gampang dan tidak memerlukan modal yang besar. Berikut ini kita bahas tentang persiapan apa yang perlu dilakukan sebelum kita mengawali ternak jalak bali untuk pemula.

1. Membuat Kandang Ternak Jalak bali
Memulai Budidaya Jalak Bali ini pertama seharusnya membuat kandang terlebih dahulu. Kandang  yang diperlukan untuk menangkarkan jalak bali ialah  kandang yang dibuat seperti kamar dan berukuran 1 meter untuk lebar, panjang 2 meter dan ketinggian 2 meter. Selain itu, didalam sangkar jalak bali ini juga diletakkan sarang buatan yang berukuran 30 cm x 30 cm dengan tinggi 30 cm dengan alas daun pinus kering.
Sesudah kandang siap, jangan lupa membikin daerah bertengger buatan di dalam kandang jalak bali supaya jalak lebih nyaman. Observasi pula ventilasi dan sirkulasi udara agar burung nyaman di dalam kandang. Untuk atap kandang jalak bali, berikan beberapa atap tembus agar sinar matahari masuk ke dalam kandang agar kelembaban dan tersedia cahaya yang dibutuhkan oleh jalak itu.
 
2. Menjodohkan Indukan Jalak bali
Belajar mengawinkan jalak bali juga terbilang gampang. Sebaiknya pahami lebih dulu kapan saat jalak bali sudah cukup usia untuk dijodohkan. Lazimnya, breeder jalak bali mengawinkan bahan indukan kalau jalak bali telah mencapaiumur 10 bulan hingga 12 bulan. Indukan Jantan sedapatnya dikawinkan pada umur 2 tahun sedangkan jalak betina bisa dikawinkan saat umurnya 1 tahun. Setelah dilakukan proses penjodohan dan perkawinan, jalak betina akan bertelur dengan jumlah telor sekitar 3 hingga 4 butir dan telor itu akan menetas pada minggu kedua sesudah dieram bergantian oleh jalak betina dan jalak jantan.

3. Pakan Terbaik Bagi Indukan Jalak bali
Untuk memenuhi kebutuhan pakan jalak bali yang diternak di kandang budidaya, kita bisa memberikan pakan alami yang lazim  didapat di habitat alami jalak. Pakan paling bagus untuk indukan jalak diantaranya adalah pisang dan pepaya. Sedangkan keperluan protein hewani untuk burung ini dapat diperoleh dari kroto, jangkrik alam, serta ulat hongkong. Selain memberikan pakan buah dan serangga, kita juga patut memberikan voor khusus untuk jalak sebagai pakan tambahan. 

Pemberian air minum juga seharusnya diperhatikan. Berikan minum pada jalak bali tiap hari ditempat yang sudah disediakan di dalam kandang. Minum sepatutnya diganti tiap-tiap hari supaya air minum tetap bersih dan tak terkontaminasi bibit penyakit. Pemberian vaksin untuk burung jalak yang diternak ini juga dibutuhkan supaya ternakan kita terhindar dari pelbagai penyakit seperti Snot dan Berak Kapur. 
Anakan Jalak Bali


Untuk memperoleh pakan berkualitas dan murah, sebagai peternak jalak bali anda juga dapat mencoba membudidayakan jangkrik sendiri. Dengan beternak jangkrik sendiri untuk peternakan jalak bali, karenanya pengeluaran pembelian pakan bisa dihemat. Selain itu, jangkrik yang kita berikan pada indukan jalak bali juga terjamin mutunya dan senantiasa bermutu.

Bila anda kesulitan dalam memulai usaha budidaya jangkrik  untuk pakan ternak jalak bali, anda dapat belajar ternak jangkrik di web www.telurjangkrikalam.com. Selain memberikan bimbingan ternak jangkrik, vaulia farm juga menyediakan telur jangkrik alam berkualitas dan siap dikirim ke seluruh wilayah indonesia. Anda juga akan mendapatkan bimbingan cara penetasan telur jangkrik serta cara beternak jangkrik intensif dari kami.
Hubungi Vaulia Farm apabila anda berminat untuk membeli telur jangkrik dengan cara klik tautan di bawah ini : 
 
Like Fanspage FB
Menjadi Teman kami di Facebook
Beli Telur Jangkrik di Tokopedia
Kami dengan senang hati akan membantu anda memulai Usaha Budidaya Jangkrik Untuk Pemula.

Bagaimana, menguntungkan bukan? Demikian ulasan menarik tentang Usaha ternak jalak bali untuk pemula yang bisa Anda coba sebagai peluang penghasilan tambahan. Semoga bermanfaat

0 Response to "Usaha ternak Jalak bali untuk Pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel