Cara Merawat Kacer Mabung Untuk Pemula | Seri Budidaya Burung Kicau



Cara Merawat Kacer Mabung Untuk Pemula-Bagi kita kicau mania yang terbiasa memelihara beragam burung kicauan pasti sudah mengalami fase dimana burung kicauan kita mabung, moulting atau biasa juga disebut mbogor. Hal itu sangat wajar dialami oleh semua jenis burung. Dilihat dari kondisi burung, moulting bisa terjadi 1-2 kali dalam setahun. Begitu juga pada burung Kacer. Merawat Kacer saat mabung memerlukan perhatian khusus. Meskipun ketika kacer mabung sangat jarang terjadi mabung total, umumnya hanya ganti bulu secara bergantian atau nyulam. Tetapi, bila kacer mengalami masa mabung dengan banyak bulu rontok, maka diperlukan treatment mabung secara khusus.

Pemahaman khusus untuk cara perawatan kacer saat mabung diperlukan karena apabila perawatan yang dilakukan tidak benar maka justru akan membuat kacer kesayangan kita menjadi rusak. Ketika kacer dalam kondisi mabung, terjadi peningkatan metabolisme tubuh hingga 40% dari keadaan normal. Oleh karena itu, saat mabung, kacer wajib diberikan makanan dengan kandungan protein tinggi, misalnya jangkrik Alam, agar bisa digunakan sebagai booster untuk pertumbuhan bulu baru. 

Merawat Kacer Mabung


Pemberian pakan ekstra ini penting untuk kacer yang membutuhkan gizi yang cukup untuk mendorong bulu baru dengan sempurna. Selain pemberian pakan, kacer juga harus diberikan multi vitamin serta rajin membersihkan sangkar. Lalu bagaimana cara agar Kacer dapat melewati proses mabung dengan cepat? Kita akan bahas mengenai Merawat Kacer Mabung untuk Pemula dibawah ini : 

1.       Mandi dan Jemur
Untuk kacer yang sedang mabung, mandi dan jemur cukup sekali dalam seminggu. Kacer mabung tidak boleh sering dimandikan karena bisa menghambat pertumbuhan bulu baru. Untuk menjemur kacer sedang mabung, waktu yang disarankan maksimal adalah 15 menit saja tiap hari. 

2.       Memberikan pakan untuk kacer mabung
Kacer membutuhkan pakan yang berkualitas dan mengandung protein serta keratin saat mabung. Pakan yang mengandung protein dan keratin dapat diperoleh dari jangkrik alam segar yang diberikan. Selain itu, kuning telur juga mengandung 23% protein dan mengandung biotin yang mempercepat tumbuhnya bulu. 

3.       Ekstra Fooding
Ekstra fooding yang cocok untuk kacer yang sedang mabung adalah jangkrik, cacing dan kroto. Porsi pemberian jangkrik sebanyak 5 pagi dan 3 sore. Untuk cacing, diberikan 3x selama seminggu dengan jadwal 2 ekor setiap makan. Kroto juga diberikan sebanyak 1 sendok kecil setiap pagi. Bila Kacer terlalu birahi, maka pemberian ekstra fooding dapat dikurangi. 

4.       Penempatan Sangkar
Saat mabung, kacer sangat rentan stress dan sensitif terhadap bunyi dan gerakan asing. Oleh karena itu, tempatkan sangkar kacer di lokasi yang tenang dan jauh dari gangguan binatang. Selain itu, kacer yang mabung juga perlu dikerodong full kecuali pada saat mandi dan jemur. 


5.       Mastering
Pemasteran Kacer saat mabung dapat dilakukan setiap hari. Saat mabung, kacer tenang dan lebih banyak mendengar suara burung lain disekitarnya. Itulah saat yang tepat untuk melakukan mastering. Mastering bisa dilakukan dengan audio dari mp3 atau burung khusus mastering yang sesuai dengan jenis suara kacer anda.

Demikian artikel tentang Merawat Kacer Mabung untuk Pemula, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda semua. Terimakasih.

0 Response to "Cara Merawat Kacer Mabung Untuk Pemula | Seri Budidaya Burung Kicau"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel