Ukuran Box Jangkrik Ideal untuk Penetasan Telur Jangkrik

Ukuran Box Jangkrik Ideal untuk Penetasan Telur Jangkrik-Peternak jangkrik mempunyai perhitungan masing-masing tentang perbandingan berat telur jangkrik yang ditetaskan dengan ukuran box jangkrik. Apabila peternak jangkrik sudah cukup berpengalaman, maka dia dapat menentukan metode mana yang paling tepat dan efisien dalam budidaya jangkrik. Sehingga peternak jangkrik tersebut dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal. 

ukuran box untuk penetasan telur jangkrik
ukuran box untuk penetasan telur jangkrik


Berdasarkan pengalaman yang telah kami dapatkan dalam beternak jangkrik, kami telah memiliki hitung-hitungan tersendiri untuk menetaskan 1kg telur jangkrik dibandingkan dengan ukuran kotak penetasannya. 

ukuran kandang jangkrik untuk 1 kg telur

1.    Ukuran Kandang Jangkrik 240 cm x 120 cm x 60 cm 

Kandang berukuran 240 cm x 120 cm x 60 cm ini merupakan ukuran kandang standart dari peternakan jangkrik di jawa. Kandang ini biasanya disebut juga kandang jangkrik jumbo karena dibuat dari 1 triplek utuh sebagai alas kotaknya. Dengan tinggi box 60 cm dan lebar 120 cm, kotak jangkrik jumbo dapat menampung 1 kg telur jangkrik. Penetasan 1kg telur jangkrik di kotak jangkrik jumbo memang terasa sesak nnti apabila jangkrik sudah berumur 15-20 hari. Untuk memaksimalkan hasil jangkriknya, biasanya peternak jangkrik yang menetaskan 1 kg telur jangkrik di kotak jumbo akan memindah 50% populasi jangkrik yang ada di kotak tersebut ke kotak baru. Dengan pemindahan ini diharapkan jangkrik akan cepat besar dan cepat panen.

Umumnya 1kg telur jangkrik ditetaskan dalam kotak jangkrik berukuran ini sebanyak 2 buah. Jadi masing-masing kotak jangkrik berukuran 240 cm x 120 cm x 60 cm diisi 5 ons. Berdasarkan pengalaman kami, dengan mengisi 1 kotak jangkrik jumbo dengan 5 ons telur maka 1 kg telur jangkrik akan menghasilkan 100kg jangkrik hidup siap panen atau 50 kg masing-masing kotak.

Keuntungan menggunakan box jangkrik jumbo adalah perawatannya yang mudah karena luas penampang kotak yang besar. Untuk pembersihan dan pencuciannya pun juga mudah. Kelemahannya adalah kotak jangkrik jumbo makan banyak tempat di gudang jangkrik. Jadi apabila anda mempunyai gudang jangkrik yang sempit, kotak jumbo ini tidak disarankan.

2.    Ukuran Kandang jangkrik 240 cm x 60 cm x 60 cm (untuk menetaskan maks 3 ons telur jangkrik)

Ini merupakan ukuran kotak tanggung, kenapa kami beri nama kotak tanggung? Karena lebarnya hanya setengah dari ukuran kotak jumbo. Dengan ukuran kotak jangkrik tanggung, maka telur yang ditetaskan dalam kotak ini juga setengah dari berat telur yang biasa ditetaskan dalam  kotak jumbo. Pengalaman kami telah membuktikan, dengan menetaskan 3 ons telur dalam kotak berukuran 240 cm x 60 cm x 60 cm dan dirawat dengan baik, maka hasil panen berkisar antara 20-30kg jangkrik hidup.

ukuran box untuk penetasan telur jangkrik
ukuran box untuk penetasan telur jangkrik


3.    Ukuran Kandang Jangkrik 120 cm x 120 cm x 60 cm
Hampir sama dengan ukuran kotak jangkrik 240 cm x 60 cm x 60 cm, kotak jangkrik yang berukuran 120 cm x 120 cm x 60 cm ini dapat menampung telur jangkrik sebanyak 3 ons untuk ditetaskan dalam kotak ini.

Keunggulan dari kotak ukuran ini adalah bentuknya yang gak makan tempat, ringkas dan gampang diangkat dan diangkut. Lebih ringan dari segi perawatan dan pencucian box. Kelemahannya adalah ukuran tanggung ini susah ditumpuk.

4.    Ukuran Kandang 120 cm x 60 cm x 60 cm
Ini adalah ukuran kotak kecil, peternak jangkrik di luar daerah jawa biasanya menggunakan kotak ini untuk menetaskan dan membudidayakan jangkrik. Dengan ukuran kotak ini maka gampang sekali untuk ditumpuk dan tidak makan tempat. 

box jangkrik kecil
box jangkrik kecil


Berat telur yang dapat ditetaskan di dalam kotak berukuran 120 cm x 60 cm x 60 cm ini maksimal adalah 1,5 ons dengan hasil rata-rata sebanyak 10kg untuk masing-masing kotak.

Dengan metode yang sudah kami gunakan untuk menghitung berat 1kg telur jangkrik dengan ukuran kotak penetasan jangkrik, dan sudah saya jelaskan dalam beberapa artikel sebelumnya maka dengan cara tersebut saya mendapat hitungan untuk angka efisiensi tertinggi. Maka dapat kami simpulkan bahwa ukuran kotak yang paling efektif untuk menetaskan telur jangkrik dan memelihara jangkrik adalah ukuran kotak jangkrik 240 x 120 x 60 cm. Dari segi perawatan mudah, dan dari segi pembuatannyapun juga mudah karena kita tidak perlu banyak memotong triplek dan kayu untuk rangka. Kelemahannya adalah karena ukuran kotak yang besar, maka akan banyak makan tempat di dalam kandang jangkrik milik kita. 



Tetapi saya tidak mengatakan bahwa metode orang lain lebih jelek dari metode yang saya gunakan, hanya saja cara aplikasi pengetahuan dan juga pengalaman dari setiap orang itu berbeda-beda, belum lagi sumber daya dan juga permasalah dari setiap tempat juga sangat spesifik, sehingga metode yang digunkan oleh seseorang, belum tentu dapat menghasilkan jumlah yang sama, jika digunakan oleh orang lain.

Demikian artikel singkat kami tentang ukuran kotak jangkrik dibandingkan dengan telur yang akan ditetaskan didalamnya. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda semua. Terimakasih.

0 Response to "Ukuran Box Jangkrik Ideal untuk Penetasan Telur Jangkrik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel