Penyebaran Jangkrik di Indonesia

Penyebaran Jangkrik di Indonesia-Jangkrik adalah sejenis serangga yang biasa kita temukan di tegalan, halaman rumah dan sawah ini sebenarnya tersebar di seluruh benua di dunia. Serangga yang mempunyai nama internasional Cricket atau Gryllus ini mulai dikenal di indonesia sejak dibudidayakan di tahun 80-an. Kebutuhan pakan burung yang semakin meningkat mengakibatkan budidaya jangkrik menjadi salah satu pilihan usaha kecil dan menengah.  

Penyebaran Jangkrik
Penyebaran Jangkrik di Indonesia


Jangkrik di indonesia yang dibudidayakan terdiri dari beberapa jenis. Masing-masing daerah mempunyai jenis jangkrik yang sangat diminati. Misalnya di daerah jawa barat, sumatera dan beberapa daerah di kalimantan, peternak dan konsumen jangkrik lebih memilih jangkrik alam atau jangkrik seliring untuk diternakkan. Sedangkan untuk daerah jawa tengah, yogyakarta, jawa timur, bali nusatenggara, kalimantan bagian tengah dan timur serta daerah indonesia timur, lebih memilih jangkrik kalung atau jangkrik genggong untuk dibudidayakan.

Penyebaran jangkrik di indonesia sempat mengalami booming saat tahun 1990 an, Koperasi Peternak dan Pedagang Jangkrik Indonesia (KOPPJI) berdiri dan menampung semua hasil jangkrik dari peternak binaan. Namun, akibat dari krisis ekonomi dan tertutupnya pintu ekspor jangkrik dari indonesia ke mancanegara, harga jangkrik terjun bebas dan KOPPJI pun kolaps. Akhirnya, para peternak jangkrik banyak yang gulung tikar. Sementara itu, peternak jangkrik yang bertahan, kembali lagi mengawali memasarkan jangkrik di pasar lokal untuk pakan burung dan pakan reptil.

 
jangkrik di Indonesia
Penyebaran jangkrik di Indonesia

Kini setelah berganti dekade, ternyata jangkrik masih menjadi primadona peternakan usaha kecil. Hal ini dibuktikan penyebaran peternakan dan budidaya jangkrik masih merata di seluruh Indonesia. Banyak peternak kecil bermunculan. Kebutuhan jangkrik di pasar lokalpun masih terbilang cukup tinggi dan harga jangkrik masih bersaing ketat sebagai pakan burung atau ekstra fooding. Hal ini dipermudah oleh akses internet. Para peternak jangkrik yang baru belajar dapat memulai ternak jangkrik dengan belajar ilmu ternak jangkrik dari internet, salahsatunya dari web ini. Telur jangkrik alam.

Sekian artikel pembahasan mengenai Penyebaran jangkrik di Indonesia. Share artikel kami jika
bermanfaat, jikan ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar di kolom komentar di artikel ini
terima kasih


0 Response to "Penyebaran Jangkrik di Indonesia "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel