Pentingnya MENCUCI SAYURAN Untuk PAKAN JANGKRIK

Pentingnya MENCUCI SAYURAN Untuk PAKAN JANGKRIK-Sayuran merupakan pakan yang wajib tersedia untuk jangkrik. Para peternak jangkrik biasanya memberikan sayuran saat jangkrik berusia 1 hari setelah menetas sampai panen. Jenis sayuran yang dapat diberikan untuk jangkrik pun bervariasi, mulai dari sawi putih, sawi hijau, kol atau kubis, gambas atau oyong, labu hijau, labu siam serta kangkung. Meskipun jangkrik dapat diberikan pakan lain selain sayuran, namun karena alasan kepraktisan, maka sayuran tersebut masih dipilih sebagian peternak jangkrik. Apalagi bila kita mendapatkan sayuran secara gratis, baik dari sisa-sisa sayuran yang terbuang di pasar sayur ataupun dari pemberian teman-teman petani sayuran di sawah. 

Mencuci sayuran pakan jangkrik
Limbah Sayuran Pakan Jangkrik


Namun demikian, ada masalah tertentu yang terkadang menghampiri jangkrik apabila kita memberikan pakan berupa sayuran. Jangkrik terkadang mati setelah memakan sayuran. Apa masalahnya? Ternyata sayuran tersebut masih mengandung pestisida pembasmi serangga. Petani biasanya menyemprotkan pestisida atau insektisida agar sayuran tetap mulus tidak dimakan ulat. Nah, pestisida tersebut dapat terbawa ketika kita memberikan sayuran tersebut untuk dimakan jangkrik. Hasilnya, jangkrik ikut mati bila memakan pestisisa. 

Mencuci sayuran pakan jangkrik merupakan hal yang penting untuk dilakukan sebelum diberikan pada jangkrik. Mencuci sayur merupakan sebuah tindakan untuk membuat sayuran yang hendak jangkrik konsumsi terhindar dari kontaminasi Pestisida dan Insektisida

Kebanyakan Peternak jangkrik yang sudah berpengalamna paham dan waspada akan bahaya keracunan serta cara mencuci sayuran untuk pakan jangkrik dengan baik. Namun kesadaran dan kewaspadaan akan bahaya keracunan makanan dari sayur masih relatif lebih rendah.

Mencuci sayuran pakan jangkrik
 
Kita tidak mengetahui seberapa bersih proses distribusi sayur yang Anda beli hingga akhirnya sayur tersebut sampai ke kandang anda. Jangan mengambil risiko. Mencuci sayur merupakan tindakan sederhana yang sebaiknya para peternak jangkrik terapkan demi menjaga kesehatan jangkrik .

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:
 
Cucilah sayur yang akan anda berikan pada jangkrik menggunakan air bersih yang mengalir, dan bukan merendamnya di dalam baskom berisi air. Penelitian menyebutkan bahwa mencuci buah dan sayur dengan air mengalir mampu mengurangi residu pestisida dan insektisida yang tersisa di permukaannya sebanyak 75-80%.

Cuci berulang, 2-3 kali. Hal ini disebabkan terkadang pestisida yang disemprotkan oleh petani ke sayuran diberikan bahan tambahan berupa zat pengikat dan anti air hujan. Jadi meskipun sudah dicuci, terkadang pestisida tersebut masih membandel dan tetap menempel pada sayuran. 

Mencuci sayuran pakan jangkrik


Selain cara di atas, proses pelayuan juga bisa digunakan untuk memastikan sayur aman diberikan pada jangkrik. Mulai sekarang, jadikanlah proses mencuci sayur menjadi proses wajib sebelum anda berikan pada jangkrik. Hal ini dilakukan untuk memastikan kebersihan dan keamanan sayur yang hendak Anda berikan pada jangkrik ternakan anda.

0 Response to "Pentingnya MENCUCI SAYURAN Untuk PAKAN JANGKRIK"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel