#4 Jenis Makanan Jangkrik Agar Cepat Panen dan Menambah Bobot Hasil Panen Jangkrik

Jenis Makanan Jangkrik Agar Cepat Panen dan Menambah Bobot Hasil Panen Jangkrik-Akhir-akhir ini kebutuhan jangkrik untuk pakan burung semakin meningkat. Para peternak jangkrik di setiap kota di indonesia selalu kewalahan memenuhi permintaan jangkrik dari kios burung dan penggemar kicau mania. Setiap hari terlebih menjelang akhir pekan, toko burung kebanjiran orderan jangkrik dari penghobi kicau mania. Apalagi saat musim kontes kicau burung, permintaan jangkrik selalu melonjak dibandingkan hari-hari biasanya. 

Makanan Jangkrik Agar Cepat Panen


Seperti yang kita ketahui, jangkrik memang digunakan sebagai ekstra fooding pakan burung kicauan maupun pakan reptil. Penghobi burung merupakan konsumen terbesar dari jangkrik, untuk dipakai sebagai pakan burung. Manfaat jangkrik yang mengandung banyak protein diyakini dapat menambah nyaring dan merdu suara kicauan burung yang dipelihara. 

Dari masa ke masa, kebutuhan jangkrik terus meningkat. Seperti yang dialami oleh beberapa peternak jangkrik di kota saya, setiap hari harus menyediakan stok jangkrik yang cukup banyak. 


untuk menghasilkan jangkrik yang sehat dan sesuai dengan permintaan para pecinta burung berkicau, pasti jangkrik yang disiapkan haruslah sehat dan memiliki ukuran yang sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu, jangkrik wajib dirawat dengan baik oleh para peternak jangkrik. Dengan cara diberikan makanan yang tepat untuk menjaga kesehatan jangkrik serta membantu proses pertumbuhan jangkrik itu sendiri. 

Masing-masing  peternak jangkrik sudah memiliki resep rahasia tentang pakan jangkrik yang sesuai dengan kebutuhan jangkriknya. Selain itu mereka juga memiliki waktu yang tepat untuk memberikan pada jangkriknya. Dengan pakan yang tepat dan waktu pemberian pakan jangkrik yang tepat akan menjaga jangkrik ternakan selalu sehat, terhindar dari kelaparan dan kanibalisme serta memiliki bentuk postur yang sesuai dengan permintaan para penghobi burung.
 
Sentrat Pakan Jangkrik makanan jangkrik
Sentrat Pakan Jangkrik


Disini kita akan membahas berbagai jenis pakan jangkrik lengkap yang paling bagus untuk mempercepat panen. Sebenarnya pakan jangkrik ini sangat mudah ditemukan disekitar kita, karena jangkrik merupakan serangga omnivora pemakan segala. Voer ayam ataupun sayuran hijauan dapat diberikan pada jangkrik ternakan. 

Tujuan Pemberian pakan jangkrik yang bagus.

 
Pemberian pakan jangkrik yang bagus bertujuan agar jangkrik tetap sehat dan cepat panen. Sebenarnya panen jangkrik dapat dipercepat dengan pemberian pakan yang tepat. Peternak jangkrik selalu mengupayakan agar jangkrik cepat berganti kulit di masa pertumbuhannya. Semakin cepat berganti kulit, maka semakin cepat pula jangkrik tumbuh dan semakin cepat pula untuk dapat dipanen.
 
Apabila jangkrik cepat panen maka pakan yang diperlukanpun akan semakin sedikit, karena biasanya jangkrik panen umur 29-30 hari dan menghabiskan pakan banyak. Namun, dengan pemangkasan waktu panen hanya sampai umur 23-24 hari saja, maka kita dapat menghemat pakan selama 5-7 hari. Irit bukan?
Daun pepaya pakan jangkrik
Daun pepaya pakan jangkrik

 
Selain itu, dengan semakin cepatnya panen maka kemungkinan jangkrik menjadi kanibal juga berkurang. Dengan pertumbuhan jangkrik yang cepat, bobot atau berat jangkrik akan lebih dapat dimaksimalkan. Pakan yang diberikan pada jangkrik tidak terbuang sia-sia menjadi kotoran, namun hampir 90% terserap dan menjadi daging. Oleh karena itulah, berat jangkrik menjadi maksimal hingga hasil panenpun akan meningkat.
 
Selain dari faktor makanan, supaya jangkrik dapat dipanen dengan cepat, maka peternak jangkrik juga harus memperhatikan suhu dalam box jangkrik serta kelembabannya. Karena bukan hanya memerlukan makanan yang bagus, suhu dan kelembaban yang pas akan membuat jangkrik semakin cepat berganti kulit dan akan cepat panen. 


 
Inilah makanan jangkrik yang paling bagus agar jangkrik dapat cepat panen dan menghasilkan bobot yang maksimal.

1.    Makanan Utama Berupa Voer Ayam
 
Makanan yang wajib diberikan pada jangkrik untuk mempercepat pertumbuhan dan mempercepat panen adalah voer ayam. Voer ayam ini dapat menggunakan merk voer apa saja, namun harus memenuhi kebutuhan protein makanan jangkrik. 
Umumnya digunakan voer ayam yang mengandung 20-23% kandungan proteinnya. Untuk merk yang biasa digunakan oleh para peternak jangkrik adalah Voer Ayam Phokpand 511. Voer ayam ini bentuknya adalah butiran, kandungan dalam voer ayam ini berupa butiran jagung, bungkil kedelai, bungkil kelapa serta bahan-bahan lain.
 
Agar memudahkan jangkrik mencerna voer ayam butiran ini, maka harus digiling atau dihaluskan. Semakin halus maka akan semakin bagus karena jangkrik mudah untuk mencernanya.

Apabila disekitar kita tidak ada toko yang menjual voer ayam merk Phokpand 511 ini, maka dapat menggunakan merk lain sebagai penggantinya. Diantaranya bisa voer BR1 Wonokoyo, BR1 Comfeed, voer puyuh ataupun voer buras yang paling murah. 
Voer puyuh pakan jangkrik
Voer puyuh pakan jangkrik


Apabila tidak ada voer yang memenuhi kandungan protein 20%, maka kita dapat menggunakan voer yang biasa-biasa saja atau yang mengandung kadar protein kurang dari 20% namun harus diberikan tambahan protein dari voer lele ataupun konsentrat pakan hewan lainnya misalnya tepung ikan, atau tepung susu yang kadar proteinnya lebih tinggi.

Perbandingan pemberian voer lele dengan voer ayam dapat diberikan 1:10. 1 kg voer lele dicampur dengan 10 kg voer ayam yang kadar proteinnya rendah.

2.    Makanan pengganti minum jangkrik berupa sayur-sayuran

 
Selain voer ayam, jangkrik juga wajib diberikan sayuran yang banyak mengandung air. Sayuran ini digunakan sebagai makanan pengganti minumnya jangkrik. 
Dihabitat aslinya, jangkrik selalu memakan sayuran atau daun-daunan yang banyak mengandung air. Seperti rumput krokot, akar-akar rumput liar serta gedebog pisang atau bonggol pisang. Oleh karena itu, saat kita budidaya jangkrik di rumah, maka sayuran ini menjadi menu wajib setelah pemberian voer ayam. 


Adapun berbagai jenis sayuran yang dapat diberikan kepada jangkrik diantaranya sebagai berikut :
    Buah Pepaya Muda yang diiris tipis
    Daun Pepaya segar muda dan tua
    Pohon Pepaya diambil daging bagian dalam
    Daun Pisang
    gedebog pisang(hanya untuk tambahan)
    Daun Ketela
    Sawi Putih
    Gambas,dll

Nah diatas merupakan beberapa pakan yang dapa diberikan kepada jangkrik agar mempercepat proses pertumbuhan dan panen, anda juga dapat menambahkan beberapa menu yang mudah didapatkan didaerah anda berada.

Waktu Pemberian Makanan Jangkrik yang Tepat Agar Dapat Panen Cepat
 
Setelah kita belajar tentang jenis makanan jangkrik untuk mempercepat panen, sekarang kita akan belajar jadwal waktu pemberian pakan untuk jangkrik.
Mengatur ritme pemberian pakan adalah solusi terbaik untuk memanagement waktu untuk bekerja kapan memberi makan jangkrik kita dan kapan saatnya mengerjakan tugas yang lainnya.
 
Dalam pengaturan jadwal ini, anda bisa memberikan pakan jangkrik sehari dua kali ataupun tiga kali, jika dilakukan 2x dalam sehari, hendaknya dibagi pada waktu : pagi, siang dan malam hari. Jadwal pemberian pakan jangkrik juga disesuaikan dengan umur jangkrik tersebut. Jangkrik anakan yang baru menetas akan menghabiskan pakan lebih lambat dibandingkan dengan jangkrik yang sudah berumur 20 hari keatas.
 
Berdasarkan pengalaman peternak jangkrik yang lain, jangkrik aktif makan ketika malam hari. Hal ini sesuai dengan kebiasaan jangkrik di alam yang merupakan serangga nokturnal atau aktif pada malam hari saat terbenam matahari hingga pagi hari. 

artikel yang lain : Cara beli Bibit Jangkrik Alam dan Bibit Jangkrik Kalung untuk memulai Ternak Jangkrik

Berikut pembahasan selengkapnya untuk pemberian makanan dan minuman yang baik untuk ternak jangkrik dari kecil sampai siap panen.
 
1. Jadwal Waktu Pemberian Makanan Jangkrik
Jangkrik ternak wajib diberikan pakan segera setelah menetas hingga siap panen. Pemberian pakan dengan menggunakan metode stok. Jadi pakan harus selalu ada di dalam kotak pembesaran, karena jangkrik akan selalu makan, namun waktu malam adalah waktu paling aktif dari jangkrik tersebut ketika mencari makan.
 
Pemberian makanan jangkrik berupa voer ayam yang dihaluskan dan sayuran disesuaikan dengan kapasitas dan kuantitas jangkrik di dalam box jangkrik. Voer atau pakan jangkrik berbentuk tepung diberikan tipis merata diayak ke seluruh bagian box jangkrik. Hal ini untuk menjaga jangkrik agar mudah menemukan pakan voer dan mengurangi tingkat kanibalisme antar jangkrik.
 
Untuk pemberian sayuran harus dicuci terlebih dahulu agar bersih dari kotoran dan kontaminasi pestisida yang mungkin terbawa sayuran dan bisa menyebabkan jangkrik keracunan. Setelah dicuci bersih dan ditiriskan, berikan sayuran merata ke semua bagian box hingga jangkrik mudah menjangkau sayuran tersebut.
 
Usahakan untuk memberikan sayuran yang segar dan cepat habis. Apabila sayuran pakan jangkrik tidak habis setelah 1-2 hari, segera dibuang dan diganti agar sayuran tidak busuk di dalam box jangkrik serta kebersihan box jangkrik tetap terjaga.
 
Berikut ini formulasi pakan jangkrik yang disesuaikan dengan umur jangkriknya :
 
Jangkrik Umur 1-10 hari = Berikan voer ayam yang sudah digiling menjadi tepung, diayak merata tipis-tipis ke seluruh bagian kotak jangkrik. Sayuran yang bagus untuk jangkrik yang baru menetas sampai umur 10 hari adalah irisan buah pepaya muda, sawi putih yang sudah dicuci bersih, gambas atau oyong yang sudah dicuci dan diiris tipis-tipis. Alternatif yang lain adalah Gedebog Pisang Kepok yang sudah diiris tipis-tipis.
 
Jangkrik umur 11-20 hari = Berikan voer ayam 511 Phokpand yang sudah digiling menjadi tepung, diayak merata tipis-tipis ke seluruh bagian kotak jangkrik. Selain diayak merata, juga berikan stok pakan di nampan atau loyang yang terbuat dari triplek atau potongan kardus di beberapa tempat didalam box jangkrik. Sayuran yang bagus untuk jangkrik umur 11 – 20 hari adalah daun pepaya, daun singkong, daun ubi serta rumput-rumputan menjalar disekitar pekarangan. 




Jangkrik umur 20hari – panen = Berikan Voer ayam Merk BR1 Wonokoyo atau voer BP11 yang sudah digiling menjadi tepung, diayak merata tipis-tipis ke seluruh bagian kotak jangkrik. Selain diayak merata, juga berikan stok pakan di nampan atau loyang yang terbuat dari triplek atau potongan kardus di beberapa tempat didalam box jangkrik. Sayuran yang bagus untuk jangkrik umur 21 hari s/d panen adalah pohon pepaya yang dibelah kecil memanjang. Pohon pepaya yang tidak terlalu keras dan sedikit mengandung air serta banyak mengandung serat ini sangat bagus untuk jangkrik dewasa.
 

Selain menjaga kualitas pakan jangkrik dan memanage waktu pemberian makanan jangkrik, peternak jangkrik juga harus menjaga kebersihan kandang dan mengatur suhu dan kelembaban kandang agar jangkrik ternakan tidak terserang hama dan penyakit.

Demikian informasi tentang Jenis Makanan Jangkrik agar cepat panen dan menambah bobot hasil panen jangkrik . Tetap jaga kualitas ternakan jangkrik anda sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Cukup sekian dan semoga bermanfaat bagi para pembaca khususnya peternak jangkrik.

0 Response to "#4 Jenis Makanan Jangkrik Agar Cepat Panen dan Menambah Bobot Hasil Panen Jangkrik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel