Kuliner JANGKRIK : Cara Membuat RICA-RICA JANGKRIK Pedas MANTAB

Kuliner JANGKRIK : Cara Membuat RICA-RICA JANGKRIK Pedas MANTAB-Jangkrik tidak hanya digunakan sebagai pakan burung atau pakan reptil. Sebenarnya, jangkrik juga dapat diolah menjadi makanan yang sehat dan bergizi tinggi. Dengan kadar protein sebesar 60% dan mengandung omega 3, omega 6 dan omega 9, daging jangkrik lebih tinggi kadar proteinnya dibandingkan dengan daging sapi, ayam maupun udang. 

masakan dari jangkrik


Artikel kali ini kita akan membahas tentang kuliner jangkrik : Cara membuat Rica-Rica Jangkrik Pedas Mantab. Rica-rica adalah salah satu dari sekian banyak makanan khas dari daerah Manado, Sulawesi Utara. Rica-rica mendapatkan nama dari bahasa manado “rica” yang berarti “cabai” atau “Pedas”. Memang, masakan rica-rica ini biasanya menggunakan ayam, atau kambing sebagai bahan dasarnya. Namun tidak ada salahnya bila kita mencoba untuk mengolah jangkrik menjadi masakan rica-rica yang lezat. 

Untuk mendapatkan rasa pedas yang mantab dan sempurna, ibu-ibu biasanya memasak rica-rica mengunakan ulekan cabe hijau, cabe merah atau cabe rawit. Selain cabe, bumbu-bumbu lainnya digunakan juga. Misalnya bawang putih, bawang merah, gula dan sedikit garam. Bumbu-bumbu tersebut dihaluskan kemudian dipanaskan bersama santan dan ditambah daun jeruk, serai dan perasan jeruk nipis segar. 

masakan dari jangkrik


Cara membuat rica-rica jangkrik pedas mantab adalah sebagai berikut :

Bahan:
2 kg jangkrik segar
1 sdt air perasan jeruk nipis
1 ¾ sdt garam, atau sesuai kebutuhan
½ sdt gula pasir, atau sesuai kebutuhan
4 lembar daun jeruk, cuci bersih lalu buang tulang daunnya
2 batang serai, cuci bersih lalu memarkan agar aromanya keluar
300 ml air
Minyak goreng atau minyak sayur secukupnya untuk menumis

Bumbu Rica-Rica:
6 buah cabai merah, buang tangkainya
1 buah tomat, cuci bersih
8 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 cm jahe ukuran sedang, kupas kulit luarnya

Cara Membuat Ayam Rica-Rica:

Pertama-tama, jangkrik segar dimasukkan ke dalam air panas 5 menit, kemudian diangkat dan cuci dengan air bersih. Tiriskan. Buang kepala, kaki dan isi perut. Sisihkan.
Tumbuk kasar semua bahan untuk bumbu rica-rica. Siapkan penggorengan dan panaskan minyak lalu tumis bumbu yang telah ditumbuk kasar sampai harum. Tambahkan daun jeruk dan serai, lalu aduk kembali.
Masukkan jangkrik yang sudah disiapkan tadi ke dalam tumisan, aduk hingga berubah warna dan bumbunya meresap. Selanjutnya, tuangkan sisa garam dan gula pasir lalu kembali aduk hingga merata. Tuangkan air dan biarkan hingga bumbunya meresap. Aduk sesekali agar peresapannya maksimal lalu angkat.

Rica-rica jangkrik pedas siap disajikan!

masakan dari jangkrik


Demikian artikel tentang Olahan Jangkrik : Cara membuat Rica-Rica Jangkrik Pedas Mantab. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang ingin mengolah jangkrik menjadi makanan yang sedap dan lezat. Terimakasih.

0 Response to "Kuliner JANGKRIK : Cara Membuat RICA-RICA JANGKRIK Pedas MANTAB"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel