Jangkrik sebagai Umpan Mancing Ikan Bawal

Jangkrik sebagai Umpan Mancing Ikan Bawal - Sudah pernah lihat jangkrik kan? Serangga ini merupakan salah satu serangga yang bisa dibudidayakan selain ulat hongkong dan ulat jerman. Serangga yang memiliki nama latin Acheta domestica ini selain untuk pakan burung dan pakan reptil, ternyata dapat juga dipakasi sebagai umpan mancing. Para pemancing biasanya membawa jangkrik sebagai alternatif umpan untuk menarik perhatian ikan-ikan monster air tawar. 

Jangkrik Umpan Ikan Bawal


Salah satu ikan yang bisa dipancing menggunakan umpan jangkrik adalah Ikan Bawal. Oke? Kita lanjutkan membahas tentang Jangkrik sebagai Umpan Mancing Ikan Bawal  ya.  

Bawal (Collossoma macropomum) adalah jenis ikan yang bersal dari sungai Amazon Brazil. Bawal ini sangat mirip bentuknya dengan jenis ikan piranha. Bawal mempunyai bentuk badan yang pipih dan bulat juga warna kulit yang keperak – perakan, mempunyai lubang hidung yang besar, juga warna ujung sirip berwarna merah atau kuning. Bawal ini termasuk ke dalam jenis ikan carnivora.

Sama halnya dengan ikan Piranha. Bawal biasa hidup dengan bergerombol dalam jumlah yang kecil, makanannya yaitu udang, siput, katak, dan ikan-ikan kecil. Selain itu, bawal merupakan jenis ikan yang cukup poluper di pasar ikan konsumsi. Jenis bawal air tawar sendiri mempunyai popularitas yang tidak kalah baiknya diantara ikan-ikan tawar lainnya.

Memasang jangkrik pada kail untuk memancing Ikan Bawal sebenarnya sangatlah mudah. Kita harus memasang jangkrik dalam keadaan hidup dan menusukkan kail dari kepala terlebih dahulu, sampai tembus keluar di ekor jangkrik. Bila mengunakan jangkrik sebagai umpan, sebaiknya kita memakai mata kail yang cukup besar dan disesuaikan dengan ukuran jangkrik yang kita gunakan sebagai umpan tersebut. 

Jangkrik Umpan Ikan Bawal


Hal ini dikarenakan bila kita memasang jangkrik pada kail yang kecil, maka jangkrik tidak akan terpasang sempurna dan gampang lepas dari kail ketika mendapatkan sentakan dari Ikan Bawal. Selain itu bila kail terlalu kecil, maka kail tidak akan menyangkut di mulut ikan, bisa-bisa akan tertelan sampai ke tenggorokan Ikan Bawal dan ini akan menyulitkan mengangkat ikan dari air.

Hal yang sangat penting dari alat pancing untuk mancing ikan bawal adalah "Menggunakan senar pancing yang kuat tapi berukuran kecil, dan Jangan menggunakan PE (nylon) secara keseluruha. Menggunakan PE secara keseluruhan hanya akan menakuti ikan bawal yang sangat tajam penglihatannya ini. Tips Jitu pertama buat mancing ikan bawal di empang atau kolam adalah menggunakan senar pancing  yang sangat kecil tapi kuat, kemudian disambung dengan PE sekitar 4 cm di bagian kail. Senar pancing yang kecil ini diharapkan agar ikan bawal tak dapat melihat senar pancingnya pemancing, sedangkan PE 4cm diharapkan agar tidak putus terkena gigi gigi gergaji dari ikan bawal. Mengapa menggunakan senar pancing yang kecil? Jawabnya adalah karena ikan bawal itu sangat cerdas dan tajam penglihatannya pada senar pancing.

Jangkrik Umpan Ikan Bawal


Keuntungan memakai jangkrik sebagai umpan mancing Ikan Bawal adalah kita tidak perlu terlalu sering mengangkat umpan untuk melihat ada atau tidaknya umpan di mata kail. Cukup sesekali atau menegangkan senar sambil merasakan getaran saat umpan jangkrik anda dimakan ikan. Tenang saja, umpan jangkrik tidak mudah rusak atau terkoyak ketika berada di dalam air. Hanya sentak ketika strike. 

Selamat mencoba umpan jangkrik ya. Mudah-mudahan artikel tentang Jangkrik sebagai Umpan Mancing Ikan Bawal  ini bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba. Salam strike…

0 Response to "Jangkrik sebagai Umpan Mancing Ikan Bawal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel