Cara Menetaskan Telur Jangkrik Dengan Media Kain

Cara Menetaskan Telur Jangkrik Dengan Media Kain


Tags : menetaskan telur jangkrik dengan Kain, cara menetaskan telur jangkrik dengan koran, menetaskan telur jangkrik media kain, penetasan telur jangkrik media kain, cara menetaskan telur jangkrik dengan media kain.

Masih siap belajar tentang cara ternak jangkrik untuk pemula? Setelah kita belajar mengenai cara menetaskan telur jangkrik media koran, sekarang kami akan mengupas tuntas tentang cara menetaskan telur jangkrik dengan media kain. 

Pada umumnya cara merawat telur jangkrik untuk penetasan itu terbagi menjadi 2 macam cara, Cara yang pertama adalah Pengeraman telur jangkrik. Pemeraman telur jangkrik bisa dilakukan memakai bermacam-macam media bantu. Medianya antara lain adalah pemeraman telur jangkrik menggunakan media kain, pengeraman telur jangkrik menggunakan media koran, serta pemeraman telur memakai pasir. 


Setelah telur jangkrik yang diperam siap menetas, yang ditandai dengan telur berwarna coklat dan sudah ada yang menetas dalam pemeraman sebanyak 1%, maka yang harus dilakukan adalah menetaskan telur jangkrik tersebut.. Tahapan ini juga mempunyai bermacam-macam cara. Dua diantaranya yaitu menetaskan jangkrik media koran dan mentetaskan jangkrik menggunakan media kain. Sebagai catatan, penetasan telur jangkrik menggunakan kain kaos ini menurut kami merupakan cara yang paling mudah dan paling sukses untuk penetasan.

Disini kami akan membahas salah satunya.

Cara Menetaskan Telur Jangkrik Media kain
Alat-alat yang harus disiapkan untuk menetaskan telur jangkrik media kain adalah sebagai berikut :
1.    Kain tebal 2 lembar (gunakan kain kaos bekas, jangan gunakan kain handuk)
2.    Tatakan berupa triplek atau kardus, lebar disesuaikan
3.    Semprotan air untuk burung

Langkah-langkah penetasan telur jangkrik media kain dapat anda ikuti step by step dibawah ini :

1.    Telur yang sudah tua dan siap netas dari pemeraman segera dikeluarkan dan dipersiapkan untuk penetasan.
2.    Siapkan box jangkrik yang akan digunakan sebagai tempat perawatan jangkrik. Isi dengan media sembunyi jangkrik kemudian langsung diisi dengan pakan jangkrik. Taburkan pur ayam yang telah digiling menjadi tepung secara merata terlebih dahulu. Kemudian sayuran diberikan merata pula disetiap bagian box jangkrik
3.    Letakkan tatakan berupa triplek atau kardus yang sudah dipersiapkan di beberapa tempat di dalam box jangkrik.
4.    Letakkan 1 lembar kain kaos diatas tatakan tersebut, ratakan.
5.    Tumpahkan telur jangkrik yang akan ditetaskan keatas kain kaos yang sudah diletakkan tadi, ratakan setebal 2 cm
6.    Tutupi telur yang sudah diratakan diatas kain kaos tersebut menggunakan kain lagi sebanyak 1lembar
7.    Semprot bagian atas kain agar menjaga kelembaban telur yang ditetaskan. Jangan menyemprot langsung pada telurnya, hal itu akan menyebabkan telur menjadi berjamur dan tidak akan menetas.
8.    Setelah itu, box jangkrik wajib ditutup rapat menggunakan terpal atau plastik yang lebar untuk menjaga suhu dan kelembaban dalam box jangkrik sehingga memaksimalkan penetasan
9.    Setiap hari, cek kondisi telur yang ditetaskan dan orak arik telur tersebut menggunakan bantuan lidi atau garpu perlahan-lahan agar dapat menetas sempurna.
10.    Setelah 2-3 hari, telur jangkrik akan menetas menjadi anakan jangkrik.

Cara Menetaskan Telur Jangkrik Dengan Media Kain

Demikian cara penetasan telur jangkrik menggunakan media kain kaos, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda. Apabila ada penjelasan yang kurang anda mengerti, anda dapat menghubungi kami di nomor telepon 085853147511 (SMS/WA)

1 Response to "Cara Menetaskan Telur Jangkrik Dengan Media Kain"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel