Berbagai Manfaat Jangkrik sebagai Bahan Pangan Untuk Manusia

Berbagai Manfaat Jangkrik sebagai Bahan Pangan Untuk Manusia – Bagi kebanyakan orang, Jangkrik dianggap hanya sebagai pakan burung atau umpan memancing. Namun, diberbagai daerah kini marak pemanfaatan serangga ini sebagai sumber pangan yang kaya nutrisi dan vitamin. 
jangkrik goreng
jangkrik goreng

 Makanan alternatif seperti jangkrik ini memang sepintas terlihat tidak biasa dan terkesan menjijikkan. Tapi apakah anda tau, secara ilmiah kandungan gizi pada jangkrik yang diolah menjadi panganan seperti jangkrik goreng atau rempeyek jangkrik memang tidak bisa dianggap enteng. Jangkrik goreng ternyata tidak kalah bergizi dibandingkan sumber protein hewani lainnya seperti daging sapi atau daging ayam. 

baca artikel lainnya : Cara beli telur jangkrik untuk diternak

Jangkrik merupakan hewan yang mempunyai beragam jenis kandungan nutrisi penting seperti protein, asam lemak essensial, vitamin serta mineral. Pada jangkrik yang masih segar, kandungan proteinnya sekitar 40%, namun apabila sudah diolah menjadi jangkrik kering atau jangkrik panggang, kandungan protein akan meningkat hingga 64%. Selain protein ternyata jangkrik juga mengandung zat kitosan seperti yang terkandung pada udang dan memenuhi 15-25% kebutuhan vitamin A. 

Nasi goreng jangkrik
Nasi goreng jangkrik


Jangkrik saat ini dapat dijadikan sumber pangan alternatif. Pada beberapa negara di dunia, ternyata jangkrik sudah dijadikan sumber makanan pokok hewani pengganti sumber protein yang umum.
 

Kandungan Nutrisi Jangkrik

 
Masyarakat di indonesia sudah dapat memanfaatkan jangkrik untuk membantu mencukupi kebutuhan protein, zat yang dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan. Selain kadar protein yang tinggi, dalam jangkrik terkandung berbagai jenis mineral seperti magnesium, kalsium, potassium, sodium, zink, zat besi dan tembaga. Sedangkan kandungan vitamin yang ada pada jangkrik cukup beragam mulai dari vitamin A, B, B1, B6, Vitamin E dan Vitamin C. Selain Protein dan Vitamin, juga terkandung asam Folat dan berbagai jenis asam lemak. 
tepung jangkrik untuk manusia

 
Memang faktanya, pemanfaatan jangkrik di indonesia jauh dari kata maksimal. Maka, untuk menarik minat masyarakat mengkonsumsi jangkrik, dapat dilakukan pengolahan jangkrik menjadi bentuk makanan lain agar menarik dan lebih diterima masyarakat, misalnya diolah menjadi tepung jangkrik atau makanan seperti nugget, bakso atau burger.

0 Response to "Berbagai Manfaat Jangkrik sebagai Bahan Pangan Untuk Manusia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel