-->

Usaha Kecil Ternak Jangkrik, Modal Kecil Omset Jutaan

Usaha Kecil Ternak Jangkrik, Modal Kecil Omset Jutaan-Budidaya jangkrik yang meskipun belum terlalu populer dan kalah suaranya dengan budidaya lele konsumsi atau budidaya bebek petelur atau bebek pedaging, bisnis ini sebenarnya menunjukkan tren positif akhir-akhir ini. Hal itu dilihat dari permintaan jangkrik sebagai pakan burung kicauan yang terus meningkat dari tahun ke tahun. Jangkrik yang identik dengan pakan burung kicauan ini menjadikan beberapa orang untuk membudidayakan jangkrik di rumah mereka sebagai usaha sampingan ataupun usaha utama.

 
Usaha Ternak Jangkrik
Usaha Ternak Jangkrik

Seperti yang dilakukan oleh Vaulia Farm, peternakan jangkrik yang berada di Desa Banjaranyar Kecamatan kras Kabupaten Kediri. Sang pemilik, Dimas Joko mengawali budidaya jangkrik ini di tahun 2015 atas saran dari rekan-rekan penghobi burung berkicau disekitar tempat tinggalnya. Awalnya usaha jangkrik yang dilakukannya masih dalam skala kecil, kemudian terus berkembang hingga mampu membangun kandang jangkrik skala besar dan menginspirasi beberapa warga disekitar untuk ikut membudidayakan jangkrik ini. 



Dari hasil budidaya ini, ia mampu mendapatkan omset jutaan rupiah karena selisih biaya produksi dengan harga jual jangkrik yang besar ditambah dengan semakin besarnya kebutuhan akan serangga yang dijadikan pakan burung ini.

Tak hanya membudidayakan jangkrik, bisnis jangkrik ini juga dapat dijalankan sekaligus dengan membuat olahan jangkrik dalam bentuk tepung jangkrik. Bisnis tepung jangkrik ini juga sudah mulai dilirik oleh para penghobi burung kicauan sebagai bahan menambah protein tinggi pada pakan burung. Selain itu, jangkrik juga dapat diolah untuk bahan makanan yang lain seperti rempeyek jangkrik, jangkrik krispi dan kue kering yang sebagian bahannya terbuat dari jangkrik.

Jangkrik Crispy
Jangkrik Crispy


Sebelum anda membaca lebih jauh mengenai usaha ternak jangkrik ini, bolehlah kiranya kami paparkan analisa dari usahaternak jangkrik ini sebagai data acuan kelayakan usaha ternak jangkrik ini:

Tempat hidup / kotak jangkrik / kandang ternak jangkrik 1 buah @Rp. 300.000 = Rp. 300.000
Etray (tempat telur ayam) bekas 3 buah @Rp. 18.000                              = Rp.   54.000
Telur Jangkrik untuk 1kg @Rp. 21000.000                                              = Rp. 210.000
Pakan Vur 511 50kg                                                                                = Rp. 350.000
Pakan alami berupa sayur selama  30 hari @Rp. 4000                              = Rp.   90.000
Total pengeluaran : Rp. 1.004. 000

Pendapatan
Asumsi selama 30 hari berhasil menghasilkan  90 kg jangkrik x @Rp. 30.000 = Rp. 2.700.000

Harga yang tertera diatas merupakan harga standart pemasaran jangkrik hidup yang dijual ke kios burung, bahkan harga jual jangkrik tersebut termasuk harga jual jangkrik murah karena sebagian daerah misalnya di kota besar seperti harga jangkrik di jakarta, harga jual jangkrik di surabaya, atau harga panen jangkrik di



Keuntungan ternak jangkrik : 
Pengeluaran - pendapatan = 2.700.000 - 1.004.000 = Rp. 1.696.000,-


Untuk mendapatkan keuntungan ternak jangkrik yang lebih besar, anda bisa melakukan diversivikasi pangan dengan mencoba pakan alami atau pakan konsntrat ditambah pakan alami agar anda bisa menghemat biaya pakan. Semakin besar skala usaha anda, maka semakin besar pula keuntungan yang anda dapatkan.

Menarik bukan? Apakah ditempat anda sudah ada yang membudidayakan jangkrik? Jika belum, mengapa anda tidak ambil peluang usaha sampingan budidaya jangkrik ini?

0 Response to "Usaha Kecil Ternak Jangkrik, Modal Kecil Omset Jutaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel