Rincian Modal Usaha Ternak Jangkrik dari Awal hingga Berhasil


Rincian Modal Usaha Ternak Jangkrik dari Awal hingga Berhasil -Siapa yang tak kenal usaha ternak jangkrik di tahun 2017 ini? Pasti anda sudah pernah mendengar budidaya jangkrik sebagai usaha rumahan maupun sebagai usaha skala besar. Di tahun 2017 usahaternak jangkrik ini sudah mulai populer di kalangan masyarakat indonesia sebagai usaha sampingan maupun usaha utama dengan pendapatan yang menjanjikan. Dikarenakan Jangkrik sangat dibutuhkan oleh penghobi burung berkicau untuk pakan, para pemancing sebagai umpan ataupun pakan reptil. Di kampung maupun di kota besar, usaha ini mulai diminati oleh semua orang. Lalu, berapa modal usaha yang dibutuhkan untuk mengawali usaha ternak jangkrik bagi pemula?? 

 
Modal Ternak Jangkrik
Modal Ternak Jangkrik

Rincian Modal Usaha Ternak Jangkrik dari Awal hingga Berhasil


Keuntungan ternak jangkrik sangat menjanjikan untuk menambah penghasilan. Jenis usaha ini bisa dijalankan secara sampingan. Tanpa panjang lebar, berikut ini rincian analisa modal usaha ternak jangkrik rumahan bagi pemula dengan jumlah bibit jangkrik 0,5 kilogram, antara lain:




Bibit Jangkrik

Untuk mendapatkan bibit jangkrik atau telur jangkrik, ada dua cara yang dapat anda lakukan. Pertama, mengawinkan jangkrik jantan dan jangkrik betina yang sudah besar dan dewasa. Dari hasil perkawinan jangkrik akan muncul ribuan telur jangkrik yang kelak setelah menetas menjadi ribuan jangkrik yang kecil. Kedua,membeli bibit jangkrik di suplier telur jangkrik secara langsung, salah satunya ya di VAULIA FARM, Pusat Penjualan Telur Jangkrik di Jawa Timur yang siap mengirim pesanan telur jangkrik ke seluruh indonesia. 


Adapun harga Telur Jangkrik per kilo rata-rata Rp. 250.000,- . Jika Anda membeli Telur jangkrik atau bibit jangkrik lebih banyak, nantinya akan mendapat harga diskon atau lebih murah. Cara kedua ini lebih mengarah kepada usaha pembesaran jangkrik. Jadi jika anda ingin beternak jangkrik, modal usaha uang yang diperlukan untuk membeli telur jangkrik sebanyak 5 ons atau 0.5 kg adalah sebanyak Rp. 125.000.


Box Jangkrik atau kotak tempat pembesaran jangkrik

Modal usaha berikut yang dibutuhkan adalah Box Jangkrik atau kotak tempat pembesaran jangkrik. Ukuran Box Jangkrik untuk membudidayakan telur jangkrik 5 ons adalah 240 x 120 x 60 cm. Box Jangkrik bisa terbuat dari Triplek yang diberi rangka kayu reng ukuran 2x3. Semua bahan untuk pembuatan box jangkrik dapat dibeli di toko terdekat dengan total Rp 200.000 untuk pembuatan satu box jangkrik. 


Jika Anda mempunyai ide lain dalam pembuatan box jangkrik tanpa menggunakan triplek, anda juga dapat membuat box jangkrik dengan plastik UV sebagai pengganti triplek. Dengan harga plastik UV yang lebih murah, maka biaya pembuatan box jangkrik dapat ditekan sehingga lebih irit.



Usaha Ternak Jangkrik
Usaha Ternak Jangkrik


Makanan Jangkrik

Pakan merupakan modal usaha penting lainnya dari usaha budidaya Jangkrik. Cara agar beternak JAngkrik yang sukses salah satunya memberi makan jangkrik secara teratur dan disiplin serta memberi pakan yang sesuai dengan kebutuhan jangkrik. Misalnya dua sehari. Ketika pagi dan malam. Telat sebentar saja dalam memberi makan jangkrik sangat berbahaya. Jangkrik akan menjadi bersifat kanibal yang dapat memangsa satu sama lain. Sehingga tak aneh jika jumlah jangkrik semakin berkurang ketika dipanen. Hal ini dirasakan betul oleh penulis yang pernah mengalami kerugian beternak jangkrik karena telat memberi makan.


Untuk kebutuhan pakan jangkrik dari 5 ons telur yang ditetaskan, kita akan membutuhkan 1 karung pur ayam 511 atau jenis pur lain dengan harga Rp. 350.000 / karung berisi 50 kg. Selain itu pakan tambahan berupa sayuran atau daun-daunan dapat kita temukan di sekitar lingkungan kita. Contohnya adalah : daun pepaya muda, daun singkong, pepaya muda yang diiris tipis serta daun-daunan yang lain. 


Modal usaha budidaya jangkrik sebagai pendukung antara biaya tak terduga Rp 100 ribu. Estimasi modal usaha ternak jangkrik dari 5 ons telur yang ditetaskan sekitar kurang dari Rp 1 juta . 



Biaya modal usaha ternak jangkrik di atas bisa kurang atau lebih disesuaikan dengan harga setempat. Harga di setiap daerah berbeda-beda. Hasil panen dari 5 ons telur jangkrik ini dapat menghasilkan jangkrik hidup sekitar 40-50kg tergantung dari perawatan jangkrik selama sebulan.



Rahasia Sukses Ternak Jangkrik

Bisnis ternak jangkrik termasuk jenis usaha sampingan dan utama yang membutuhkan modal kecil. Tapi keuntungan besar. Mau tahu cara meraih keberhasilan budidaya jangkrik? Inilah yang ditunggu-tunggu para peternak jangkrik yakni tips sukses budidaya Jangkrik.



Perbanyak Box Jangkrik untuk menetaskan telur jangkrik


Semakin banyak box jangkrik yang dimiliki maka semakin besar penghasilan. Hal ini berakibat pada jumlah modal usaha ternak jangkrik jadi lebih besar. Misalnya untuk membeli triplek, . Salah seorang pengusaha jangkrik bisa untung puluhan juta rupiah perbulan karena ia mempunyai puluhan bahkan ratusan box jangkrik. Adapun lokasi ternak jangkrik dapat anda buat tempat di samping rumah atau halaman rumah. Adapun cara pembuatan box jangkrik bisa dipelajari dari artikel di website ini atau mendatangi langsung ke peternakan jangkrik disekitar tempat tinggal anda.



Telur Jangkrik yang Bagus akan menghasilkan jangkrik yang bagus


Agar usaha budidaya jangkrik sukses yang perlu diperhatikan adalah pemilihan telur jangkrik yang berkualitas dan jenis jangkrik yang akan diternakkan. Misalnya jenis jangkrik kalung, jangkrik genggong atau jangkrik alam. Berikut ini tanda-tanda telur jangkrik yang bagus dan berkualitas baik antara lain telur jangkrik padat, keras seperti beras, tidak berbau dan berwarna kuning kecoklatan serta diperoleh dari penjual telur jangkrik yang terpercaya.


Sebagai informasi, kami VAULIAFARM menyediakan telur jangkrik berkualitas serta bergaransi 98% menetas. Selain itu, pusat penjualan telur jangkrik VAULIA FARM mampu mengirim telur jangkrik ke seluruh wilayah indonesia dengan ekspedisi JNE, J&T, POS INDONESIA dan jasa ekspedisi yang lain. Percayakan penyediaan telur jangkrik untuk mengawali usaha ternak jangkrik anda dengan memesan telur jangkrik di VAULIA FARM. 

Contoh Telur Jangkrik
Contoh Telur Jangkrik


Bagaimana cara memesan Telur Jangkrik di VAULIA FARM? Anda dapat mengikuti langkah-langkah pemesanan telur jangkrik di bawah ini : 


 
Cara Pesan Telur Jangkrik
Cara Pesan Telur Jangkrik


Melakukan Pemasaran Efektif

Pemasaran yang efektif yang bagaimana? Sebuah teknik penjualan yang tanpa repot dan ribet. Perlu dipahami bahwa jangkrik sangat dibutuhkan oleh penghobi burung berkicau yang sudah tersebar di seluruh indonesia. Dikota ataupun didesa, sudah banyak penghobi burung berkicau yang memelihara macam-macam jenis burung berkicau yang kesemuanya memerlukan jangkrik sebagai pakannya. Hal ini membuat usaha berjualan jangkrik dengan cara membuka kios burung menjadi laris manis di Indonesia. Teknik pemasaran yanng efektif baik dan benar adalah para pembeli datang sendiri ke peternakan jangkrik milik anda untuk membeli. Olah karenanya, anda perlu melakukan hubungan kerjasama yang baik dengan penghobi burung berkicau disekitar rumah anda, menjalin relasi dengan para penangkar burung murai, burung kacer dll serta menjalin kerjasama dengan kios pancing atau kios yang menyediakan umpan pancing dll.



Strategi Pemasaran Jangkrik

Sistem pemasaran jangkrik sangat mudah seiring dengan tingkat kemajuan teknologi internet. Misalnya sobat bisa menjual jangkrik hasil ternak di sebuah blog, website, situs, marketplace, media social dan lain sebagainya. Menjual jangkrik di internet terutama blog cukup ampuh. Seperti yang dialami oleh penulis yang membuat blog gratisan dengan topik usaha perikanan. Banyak sekali orang yang menelepon penulis dimana mereka berniat membeli jangkrik untuk pakan burung.




Apabila lokasi rumah berada di daerah strategis. Misalnya di pinggir jalan raya yang ramai oleh lalu lintas kendaraan maka Anda bisa juga membuka bisnis ternak jangkrik di rumah sambil memasang reklame usaha menjual jangkrik hidup pakan burung. Dengan demikian orang yang melewati rumah akan mengenal jenis usaha yang sobat jalani. Berjalan waktu, usaha penjualan jangkrik akan laris manis disebabkan jangkrik hidup yang berkualitas baik sangat digemari orang untuk dijadikan pakan burung atau umpan mancing..


Teknik lain dalam menjual hasil panen jangkrik bisa juga dengan cara menawarkan langsung ke para pemilik kios burung yang tersebar di daerah. Tawarkan sistem kerjasama yang menguntungkan dimana sobat akan mensuplai kebutuhan jangkrik hidup bagi para pedagang pakan burung.


Cara lain yang bisa ditempuh dalam pemasaran jangkrik dengan cara mendata usaha kecil menengah yang berada di wilayah sobat yang menggunakan bahan baku jangkrik. Misalnya usaha UKM rempeyek jangkrik, tepung jangkrik, jangkrik kering dll. Mereka tentunya membutuhkan jangkrik dalam jumlah besar sebagai bahan baku utama.


 
Contoh Peternakan Jangkrik
Contoh Peternakan Jangkrik


Bila semua itu dilakukan dan hasil panen jangkrik masih banyak maka sobat bisa menjalin dengan penampung atau pengepul jangkrik yang mampu beli jangkrik partai besar yang tersebar di berbagai kota dan propinsi seperti Jawa Timur, Jawa Barat, Tangerang, Jakarta, Bandung dll. Kemudian anda bisa membuat produk turunan dari jangkrik. Caranya buat saja usaha kios burung di rumah, bisnis tepung jangkrik, dan lain sebagainya.


Peluang usaha ternak jangkrik sangat sayang untuk dilewatkan. Karena jenis bisnis ini terbukti menguntungkan. Lahan kosong di rumah anda bisa dimanfaatkan sebagai kandang jangkrik menggunakan bahan dan alat seadanya yang bisa anda temukan. 


Untuk masalah pakan bisa memakai pakan pur ayam dan bisa juga sisa-sisa makanan dan sayuran sebagai alternatif.


0 Response to "Rincian Modal Usaha Ternak Jangkrik dari Awal hingga Berhasil"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel