Peluang Ekspor Jangkrik ke Luar Negeri



Peluang Ekspor Jangkrik ke Luar Negeri - Banyak sekali komoditas peternakan di indonesia yang dapat dijadikan komoditas ekspor. Namun, Setelah beberapa lama bergelut dalam bisnis ini timbul pertanyaan apakah jangkrik ini bisa diekspor? lalu kemana saja?

Sebelum kita membicarakn tentang peluang ekspor jangkrik ke luar negeri, ada hal menarik yang perlu kita bicarakan tentang serangga yang satu ini. 

 
ekspor jangkrik
Jangkrik beku untuk diekspor

Akhir-akhir ini, seiring dengan perkembangan dunia peternakan di indonesia, budidaya jangkrik menjadi salah satu pilihan usaha peternakan. Bukan hanya skala kecil, ternak jangkrik sudah menjadi salah satu usaha peternakan kelas menengah dan besar. Kebutuhan jangkrik di dalam negeri sebagai pasokan pakan burung dan pakan reptil sudah sangat besar. 




Hal ini terlihat dari banyaknya permintaan jangkrik hidup untuk mensuplai setiap kios burung dan pasar burung di kota besar di indoesia. Dari desa hingga ke kota, permintaan jangkrik menyebar luas. Sejalan dengan peningkatan kebutuhan jangkrik secara otomatis mendorong peningkatan produksi jangkrik di Indonesia. Jadi peluang budidaya jangkrik pun masih terbuka sangat lebar. 

Namun, hal ini tentu tidak menutup kemungkinan akan peluang ekspor jangkrik ke luar negeri. Di pasar luar negeri, kebutuhan tepung berprotein tinggi yang sehat, organik dan diterima pasar sangatlah terbuka lebar. Konsumen di Amerika Serikat, Jepang, Korea dan Eropa sebenarnya banyak melirik tepung jangkrik sebagai bahan makanan berprotein tinggi. Begitu juga dengan singapura dan Malaysia

Di pasaran luar negeri, harga jangkrik terbilang cukup tinggi. Untuk jangkrik hidup pakan burung dan arwana, market di singapura memerlukan pasokan jangkrik sebanyak 1 ton. belum lagi di negara tetangga, Malaysia. Dengan populasi penduduk yang lebih besar, maka pastinya kebutuhan jangkrik di Malaysia juga terbilang luar biasa. Sedangkan untuk negara Thailand dan Vietnam, jangkrik juga menjadi komoditas yang diperhitungkan. Jangkrik di Thailand sudah menjadi bahan kuliner yang ditawarkan sebagai wisata kuliner ekstrim. Apabila kekurangan pasokan, tentunya pasar Thailand bisa menjadi sasaran market jangkrik yang baru. Tentunya dengan melihat kualitas dan kuantitas jangkrik yang kita punyai. 

Untuk memenuhi kebutuhan pasar ekspor jangkrik ke luar negeri tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya adalah sebagai berikut : 

1.       Produk Olahan Jangkrik
Karena jangkrik segar tidak tahan lama dan gampang mati bila dikirim jauh, maka peluang ekspor jangkrik hanya dapat dilakukan dengan mengekspor produk olahan jangkrik. Contoh produk olahan jangkrik yang dapat diekspor keluar negeri diantaranya adalah jangkrik beku, tepung jangkrik, jangkrik kering dan produk olahan makanan yang terbuat dari jangkrik. Dengan mengolah jangkrik menjadi produk lain yang mampu tahan lama dan awet, maka peluang ekspor ke luar negeri sangatlah terbuka lebar.

2.       Jangkrik Kualitas Premium
Artinya Budidaya jangkrik kita tidak sebatas pada pemeliharaan biasa (Asal gede), tapi dibarengi dengan teknik dan tatacara yang benar sehingga menghasilkan jangkrik yang sehat. Selain itu, cara memproduksi bahan makanan dan bahan lain dari hasil produksi jangkrik hidup juga harus berkualitas baik dan memenuhi standart internasional yang telah ditetapkan oleh komite pangan dari masing-masing negara tujuan ekspor. Peternak jangkrik dan pengolah bahan pangan hasil dari jangkrik perlu belajar sertifikasi hasil pangan yang ditetapkan oleh negara tujuan ekspor agar olahan jangkrik diterima dan mampu terserap oleh pasar luar negeri.

3.       Kontinyuitas Produksi
Kontiyuitas atau keberlangsungan produksi jangkrik sebagai bahan baku olahan misalnya untuk tepung jangkrik, jangkrik kering, jangkrik beku dan lain-lain harus tetap terjaga. Hal ini untuk mengatasi permintaan dari pasar luar negeri yang biasanya meminta pasokan yang stabil dan kualitas yang bagus demi menjamin terjadinya pasar yang baik. 

Jangkrik hidup untuk diekspor
Jangkrik hidup untuk diekspor


4.       Higienitas Produk Olahan Jangkrik
kebanyakan penolakan dari pasar luar negeri datang dikarenakan jangkrik beku dan olahan jangkrik lain hasil produksi lokal biasanya mengandung zat-zat yang berbahaya bagi kesehatan. Hal ini tidak terlepas dari pola pemeliharaan yang kurang tepat, ataupun cara pengolahan yang kurang higienis. 

    Wawasan dan Pengetahuan sangat penting bagi kita untuk melek informasi secara global jika kita berniat melakukan ekspansi jangkrik kita ke luar negeri. karena hal ini akan sangat membantu dalam menjalankan bisnis ini.




Jadi, selalu ada cara dan jalan bagi kita untuk bisa mencapai pasar internasional, karena memang sebenarnya kebutuhan itu selalu ada.

7 Responses to "Peluang Ekspor Jangkrik ke Luar Negeri"

  1. Gimana caranya supaya jagkrik-jangkrik ini bisa tembus sampai keluar negri.

    ReplyDelete
  2. Buat kerja sama antara petani jangkrik lokal, semacam perkumpulan atau kelompok tani jangkrik

    ReplyDelete
  3. Sudah kami kembangkan pak, tinggal lagi belum adanya penampung dari luar negeri sehingga sulit untuk kami expor, mohon bantuannya pak. Sila hub 085374841373

    ReplyDelete
  4. Saya ingin expor jangkrik ke luar negri barangkali ada yg bisa bantu
    Hubungi

    ReplyDelete
  5. Mohon bimbingannya gimana caranya ekspor jangkrik ke luar negri

    ReplyDelete
  6. Kami petani jangkrik dan siap ekspor jangkrik dalam jumlah besar.. mohon info kalo ada yang siap kerjasama untuk jalur khusus ekspor bisa call/wa 081237525158

    ReplyDelete
  7. Ada yg bisa ngirim ke luar negri

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel