-->

Gedebog Pisang sebagai Pakan Jangkrik Murah Meriah



Gedebog Pisang sebagai Pakan Jangkrik Murah Meriah-Seperti yang kita ketahui sebelumnya, pakan jangkrik merupakan satu diantara seluruh aspek pendukung ternak jangkrik. Modal yang dihabiskan untuk pakan jangkrik juga mempengaruhi keseluruhan modal dalam beternak jangkrik yang mempengaruhi Harga Pokok Penjualan jangkrik. Dengan pakan jangkrik yang murah dan efektif diharapkan modal untuk beternak jangkrik bisa ditekan dan keuntungan beternak jangkrik dapat meningkat. 

Gedebog Pisang sebagai Pakan Jangkrik Murah Meriah
Gedebog Pisang sebagai Pakan jangkrik


Jangkrik sebagai serangga yang diternak memang memerlukan pakan tambahan berupa pur ayam dan sayuran. Sebagai pengganti sayuran ada beberapa bahan pakan yang dapat kita temukan disekitar kita. Salah satu diantaranya adalah Gedebog Pisang sebagai pakan jangkrik murah meriah. Bahkan dibeberapa daerah, gedebog pisang merupakan sampah yang dibuang-buang oleh pemilik perkebunan pisang. 

Bagaimana cara memberikan gedebog pisang sebagai makanan jangkrik? Disini kami akan mengulas cara memberikan gedebog pisang sebagai pakan jangkrik murah meriah




Cara memilih gedebog pisang sebagai pakan jangkrik :

Kebun pisang sumber pakan jangkrik murah meriah
Kebun pisang sumber pakan jangkrik murah meriah


  • Cari gedebog pisang kepok atau pisang lain yang tidak memiliki getah lengket di dalamnya. Bila gedebog pisang mengandung getah yang lengket, itu tidak cocok untuk anakan jangkrik yang baru menetas karena bisa menempel semua di getah gedebog pisang tersebut dan anakan jangkrik bisa mati.
  • Gunakan gedebog pisang yang masih segar atau fresh baru ditebang.
  • Sebisa mungkin pilih gedebog pisang dari pisang muda karena lebih empuk dan gampang dikunyah oleh jangkriknya.

Cara pemberian gedebog pisang bagi jangkrik :

Pemberian gedebog pisang bagi jangkrik mempunyai tatacara sebagai berikut :

Gedebog pisang sebagai pakan anakan jangkrik
Gedebog pisang sebagai pakan anakan jangkrik


  • Potong gedebog pisang sepanjang 50cm, kemudian dibelah kecil selebar 2-3 cm. berikan merata di dalam box jangkrik. Gedebog pisang ini akan bertahan 2-3 hari sebagai asupan pakan jangkrik. 
  • Apabila gedebog pisang sudah mengering atau busuk, segera disisihkan kemudian diberikan gedebog pisang yang baru.



Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam memberikan gedebog pisang sebagai pakan jangkrik yang mudah dan murah :

  • Berikan gedebog pisang yang masih segar pada jangkrik, jangan berikan yang sudah berbau busuk
  • Pilih gedebog pisang yang mempunyai getah yang sedikit. Jangan berikan yang masih banyak mengandung air. Apabila gedebong yang tersedia banyak mengandung air, sebaiknya dijemur terlebih dahulu sampai kadar air dalam gedebog pisang berkurang 50%.
  • Apabila gedebog pisang diberikan pada anakan jangkrik, perhatikan ketika akan mengganti gedebog pisang yang sudah ada di dalam box dengan gedebog pisang baru. Anakan jangkrik akan sembunyi di sela-sela rongga didalam gedebog pisang. Jadi pisahkan atau keluarkan dulu anakan jangkrik yang sembunyi sebelum gedebog pisang tersebut dibuang. Agar jangkrik anakan tidak ikut terbuang bersama gedebog pisang tersebut.
  • Jangan berikan gedebog pisang untuk pakan jangkrik ketika jangkrik sudah siap panen. Karena gedebog pisang mengandung banyak air, maka jangkrik yang memakan gedebog pisang akan berair pula. Itu akan mengakibatkan jangkrik ketika dipanen tidak sehat atau lincah karena tubuhnya masih mengandung banyak air.



Mencari gedebog pisang sebagai pakan jangkrik alternatif
Mencari gedebog pisang sebagai pakan jangkrik alternatif

Demikian artikel tentang gedebog pisang sebagai pakan jangkrik yang mudah ditemukan dan murah. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda. Terimakasih.

0 Response to "Gedebog Pisang sebagai Pakan Jangkrik Murah Meriah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel