-->

Cara Membuat Jangkrik Goreng Crispy yang Renyah dan Gurih



Cara Membuat Jangkrik Goreng Crispy yang Renyah dan Gurih-Jangkrik identik dengan pakan burung kicauan dan pakan reptil. Serangga ini banyak dibudidayakan untuk dijual dalam keadaan hidup di kios burung. Namun tahukah anda, jangkrik dapat pula diolah sebagai kudapan atau cemilan yang renyah dan mempunyai kadar protein tinggi. Bahkan penelitian para ahli gizi menyebutkan bahwa jangkrik mempunyai kandungan protein tinggi lebih tinggi dari dari daging ayam ataupun sapi.

Disini Vaulia Farm akan mengulas tentang cara membuat Jangkrik Goreng Crispy yang renyah dan gurih. Jangkrik Crispy dapat anda jadikan cemilan atau menjadi lauk makan karena memang rasanya sangat gurih.

Jangkrik Goreng Crispy
Cara Membuat Jangkrik Goreng Crispy yang Renyah dan Gurih


Cara Membuat Jangkrik Goreng Crispy yang Renyah dan Gurih ini sangat mudah dan sangat patut anda coba. Untuk membuat makanan ini dengan cara digoreng dengan tepung dalam minyak panas. Mungkin hampir sama seperti membuat jamur Crispy. 




Adapun bahan dan Cara Membuat Jangkrik Goreng Crispy yang Renyah dan Gurih adalah sebagai berikut :

Bahan :
Jangkrik Alam Segar yang sudah bersih 500 gr
tepung beras 30 gr
tepung terigu 100 gr
garam 1 sendok teh
penyedap rasa 1/2 sendok teh
merica bubuk 1/2 sendok teh

Bumbu halus Jangkrik Goreng Crispy:
bawang putih 3 siung
bawang merah 3 siung
ketumbar bubuk 1/2 sendok teh
2 butir kemiri
garam 1/2 sendok teh
gula pasir 1/2 sendok teh

Cara Membuat Jangkrik Goreng Crispy yang Renyah dan Gurih :

  • Mula – mula yaitu bersihkan Jangkrik hidup dengan cara merendamnya dengan air panas, lalu cuci bersih dengan menggunakan air mengalir,  kemudian ditiriskan
  • Setelah itu siapkan sebuah cobek beserta dengan ulekannya, lalu masukkan semua bumbu halus ke dalam cobek, ulek bumbu – bumbu tersebut hingga halus dan tercampur secara merata.
  • Kemudian lumuri Jangkrik yang sudah dibersihkan tadi dengan bumbu yang sudah dihaluskan hingga merata, dan diamkan selama 15 menit agar bumbu meresap ke dalam jangkrik.
  • Tahap selanjutnya adalah ambillah sebuah wadah atau mangkuk kemudian masukkan tepung terigu, tepung beras, garam, penyedap rasa, dan merica bubuk ke dalam wadah, aduk – aduk hingga tercampur secara merata.
  • Lalu guling – gulingkan jangkrik yang sudah dibumbui ke dalam campuran adonan tepung dan pastikan seluruh jangkrik terselimuti dengan campuran adonan tepung secara merata.
  • Setelah itu siapkan wajan penggorengan, tuangkan minyak goreng yang agak banyak lalu panaskan di atas kompor dengan nyala api kecil.
  • Setelah minyak goreng dirasa sudah cukup panas, masukkan perlahan – lahan jangkrik tadi ke dalam wajan penggorengan.
  • Goreng jangkrik hingga matang dan berubah warna menjadi kuning kecoklatan serta garing.
  • Apabila jangkrik sudah matang, angkat dan tiriskan.
  • Letakkan jangkrik crispy di atas piring saji dan siap dihidangkan.

Itulah Cara Membuat Jangkrik Goreng Crispy yang Renyah dan Gurih yang bisa dibilang sangat mudah sekali dalam proses memasaknya. Selain itu, jangkrik goreng crispy dapat dimasak tanpa perlu waktu yang lama. Untuk menambah kenikmatan saat menyantap jangkrik goreng crispy ini, sebaiknya anda tambahkan pelengkap berupa saos sambal atau sambal tomat
Selamat mencoba.

0 Response to "Cara Membuat Jangkrik Goreng Crispy yang Renyah dan Gurih"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel