-->

Bagaimana Cara Memulai Beternak Jangkrik?



Bagaimana Cara Memulai Beternak Jangkrik?-Memulai beternak jangkrik adalah salah satu cara yang cukup menarik untuk mendapatkan tambahan pendapatan atau bahkan menjadi sebuah bisnis yang akan anda geluti untuk masa depan keuangan anda. Jangkrik adalah serangga yang sudah sejak lama di budidayakan di indonesia, thailand, vietnam dan malaysia.

Artikel ini akan memberikan penjelasan pada anda tahapan-tahapan apa saja yang harus dilakukan oleh anda sebagai peternak jangkrik pemula untuk memulai usaha budidaya jangkrik.
 
Memulai Beternak Jangkrik
Memulai Beternak Jangkrik
Langkah 1
Langkah pertama untuk memulai beternak jangkrik adalah mempertimbangkan skala operasi peternakan jangkrik anda, apakah anda ingin membangun peternakan jangkrik skala rumahan, skala menengah atau peternakanjangkrik skala besar.

Modal yang besar adalah hal awal yang harus Anda siapkan ketika Anda menginginkan membangun sebuah peternakan skala besar atau skala komersil. Beberapa pengalaman dari petani skala komersil mengatakan setidaknya harus memiliki gudang jangkrik yang mampu menampung box jangkrik ukuran jumbo sebanyak 100 buah atau minimal pendanaan hingga mencapai 50 juta rupiah diluar harga lahan. Dengan jumlah tersebut, setidaknya Anda akan bisa meningkatkan kemungkinan keuntungan setiap tahunnya. Keuntungan lainnya dari pengoperasian pertanian skala besar adalah Anda dapat menekan harga operasional seperti pakan, karena Anda akan mendapat potongan harga yang lumayan menguntungkan apabila membelinya dalam jumlah besar.
Pastikan kembali apakah jangkrik akan cocok dengan kondisi kandang yang akan anda gunakan. Anda juga akan membutuhkan alat-alat pendukung lain misalnya termometer ruangan untuk mengukur suhu kandang, higrometer untuk mengukur kelembaban, mesin penggiling tepung untuk menghaluskan pur pakan jangkrik dan lain sebagainya.

Langkah 2


Langkah kedua untuk memulai beternak Jangkrik adalah Tentukan jenis penjualan seperti apa yang akan Anda fokuskan, setelah itu buatlah sebuah rencana pemasarannya.

Peternak jangkrik dengan jumlah besar bisa menjualnya kepada tengkulak/pengepul/broker jangkrik, ataupun langsung ke pasar burung di sekitar area peternakannya. Anda mungkin akan mendapat keuntungan kecil per setiap kilonya, namun bisa menjadi lumayan menguntungkan secara total volume penjualan.
 
Memulai Beternak Jangkrik
Memulai Beternak Jangkrik
Peternakan jangkrik kecil pun memiliki sejumlah keuntungan seperti memasarkannya langsung ke pembeli/konsumen. Jangkrik adalah produk yang mudah rusak/mati, biar bagaimana pun, pelanggan tetaplah memilih jangkrik yang segar dibandingkan jangkrik kering atau tepung jangkrik.
Dunia digital bisa Anda manfaatkan untuk mempromosikan peternakan atau produk Anda.

Langkah 3

Menyusun anggaran biaya dan penggunaan data,semakin rinci akan semakin baik. Pastikan semua kebutuhan peternakan jangkrik Anda ada dalam perhitungan, mulai dari pakan, bibit, pembagian/pengaturan jam kerja, gaji karyawan (apabila Anda memilikinya), bensin,listrik, peralatan, perlengkapan, hingga perbaikan. Mulai dari hal besar dan utama seperti Box jangkrik untuk ternak, hingga benda sekecil mungkin,seperti batere untuk senter Anda.

Buatlah sebuah estimasi biaya per-perlatan seperti box, mesin penggiling tepung pakan jangkrik, kendaraan pendukung, tempat penyimpanan pakan jangkrik, dan bangunan pendukung peternakan.

Langkah 4

Memepelajari keadaan sekitar area lahan yang akan dijadikan peternakan jangkrik Anda. Kumpulkanlah informasi seperti pajak, iuran lingkungan setempat, dan mungkin izin-izin lainnya. Beberapa daerah mungkin menolak adanya peternakan jangkrik di dalam areanya, umumnya dipengaruhi kekhawatiran akan faktor limbah dan bau yang mungkin timbul.

 
Langkah 5

Mengetahui beberapa penyakit Jangkrik. Kumpulkan dan pelajari informasi mengenai penyakit dan penanganan penyakit Jangkrik. Bagaimana gejalanya, faktor penyebab penyakit, cara penanggulangan, apa obat dan dimana membeli obat-obatan atau probiotik terkait jangkrik Anda.

Lihatlah pada bagian jangkrik yang luka, tidak sehat, lesu, gampang mati, tidak lincah, dan kurang nafsu makan. Umumnya penyakit ditandai dengan hal-hal tersebut.

Salah satu cara untuk memastikan kesehatan sekitar kandang jangkrik anda adalah dengan menjaga kebersihan kandang tempat box jangkrik anda diletakkan.
Pastikan untuk membuang setiap limbah pakan jangkrik yang tidak terpakai, sampah-sampah kotoran jangkrik dengan segera.

Tips

Untuk menekan tingkat kematian, pelajari cara-cara untuk menjaga kualitas kebersihan dan tingkat higienitas pakan jangkrik dan melakukan pengecekan secara berkala setiap harinya.
Catatlah setiap tahapan tumbuh kembang peternakan jangkrik Anda dengan rinci. Ini sangat penting untuk mengetahui seberapa besar dan seberapa berkembang usaha Anda.

Sebenarnya tidak ada iklim khusus yang dibutuhkan Jangkrik. Mereka hidup dan aktif sepanjang tahun. Meskipun demikian, perlu diperhatikan bahwa perubahan suhu secara ekstrem secara mendadak, bisa meningkatkan kematian atau resiko penyakit. Pertimbangkan untuk melindungi kandang Anda dari hal ini atau bisa dengan cara membangun kandang Anda di dalam sebuah rumah yang tertutup rapat.
 


Dok: facebook.com

0 Response to "Bagaimana Cara Memulai Beternak Jangkrik?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel