#7 pakan sayuran alternatif untuk jangkrik yang murah dan mudah kita temukan.


#7 pakan sayuran alternatif untuk jangkrik yang murah dan mudah kita temukan.-Banyak peternak jangkrik yang memakai pakan sayuran alternatif untuk menekan biaya pengeluaran pakan. Pada dasarnya, sayuran atau daun-daunan merupakan pakan tambahan untuk jangkrik selain pakan pur jangkrik yang khusus untuk pertumbuhan jangkrik. Pakan sayuran ini tidak sepenuhnya menganti pakan utama berupa pur khusus jangkrik, tetapi hanya sebagian atau hanya digunakan untuk memberi “minum” pada jangkrik. 

Pakan alternatif untuk jangkrik
Pakan alternatif untuk jangkrik

Kebutuhan pakan sayuran ini memang dikhususkan untuk menambah asupan air pada jangkrik. Pakan sayuran ini memang tidak menggantikan pakan utama karena kebutuhan protein pada jangkrik sebesar minimal 23% tidak dapat dipenuhi hanya dengan memakan sayuran saja. 

Lima bahan pakan berikut ini merupakan bahan pakan jangkrik yang relatif mudah ditemukan dan murah bahkan sampai tidak membeli jika kita mampu mencarinya disekitar lingkungan kita. 

Bahan pakan sayuran alternatif untuk jangkrik diantaranya sebagai berikut :
1.       Gedebog Pisang
Gedebog Pisang pakan jangkrik
Gedebog Pisang pakan jangkrik
bahan pakan jangkrik yang pertama yaitu gedebog pisang. Pakan ini cocok untuk jangkrik umur 1-20 hari. Jenis pakan ini banyak mengandung air dan serat sehingga mudah dikunyah oleh jangkrik. Dapat kita temukan disekitar rumah kita atau di kebun yang banyak tanaman pisang. Namun, pakan ini jangan diberikan saat jangkrik siap panen. Kadar air yang tinggi menyebabkan jangkrik akan lembek dan lemas. Hal itu mengakibatkan jangkrik gampang mati ketika di panen. 


2.       Daun Pepaya 

 
daun pepaya pakan jangkrik
daun pepaya pakan jangkrik
Daun pepaya merupakan alternatif pakan jangkrik yang sangat bagus. Biasanya diberikan pada jangkrik umur 10-panen. Cara pemberiannya yaitu daun pepaya kita rendam terlebih dahulu di dalam ember berisi air selama 10 menit, kemudian ditiriskan. Setelah tiris dan tidak terlalu basah, kemudian diberikan kepada jangkrik.

3.       Pohon Pepaya 

 
Pohon pepaya pakan jangkrik
Pohon pepaya pakan jangkrik
Alternatif pakan jangkrik yang lain adalah pohon pepaya. Jenis pakan jangkrik ini cocok diberikan untuk jangkrik dewasa (10 hari menjelang panen). Pohon pepaya mengandung serat yang tinggi dan kadar airnya rendah. Jadi sangat bagus sekali untuk jangkrik menjelang panen. Jangkrik yang diberi makan pohon pepaya akan semakin lincah, sehat dan tidak gampang mati ketika dipanen.

4.       Daun dan pohon singkong

 
daun singkong pakan jangkrik
daun singkong pakan jangkrik
Sama seperti daun pepaya, daun dan pohon singkong ini juga dapat diberikan sebagai pakan jangkrik. Biasanya peternak jangkrik memberikan pakan daun singkong dan sekaligus pohonnya ketika jangkrik sudah berumur diatas 15 hari. Cara pemberian pakan daun singkong untuk jangkrik adalah sama dengan cara memberi pakan jangkrik dengan menggunakan daun pepaya. Sebaiknya tidak memberikan daun singkong karet ataupun singkong caldera karena dikhawatirkan masih memiliki racun yang akan menyebabkan kematian pada jangkrik

5.       Daun dan batang ubi jalar 

daun ubi jalar pakan jangkrik
daun ubi jalar pakan jangkrik
Ubi jalar atau ketela rambat (Ipomoea batatas L.) adalah sejenis tanaman budidaya. Bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang membentuk umbi dengan kadar gizi (karbohidrat) yang tinggi. Di Afrika, umbi ubi jalar menjadi salah satu sumber makanan pokok yang penting. Peternak jangkrik memberikan daun dan batang ubi jalar sisa panenan dari sawah atau kebun sebagai pakan sayuran alternatif pada jangkrik. Cara pemberian daun atau batang ubi jalar untuk pakan jangkrik sama dengan cara memberikan daun pepaya pada jangkrik.

6.       Daun dan batang pohon jarak
Alternatif pakan jangkrik yang lain adalah daun dan batang pohon jarak. Menurut wikipedia, Jarak pagar (Jatropha curcas L., Euphorbiaceae) merupakan tumbuhan semak berkayu yang banyak ditemukan di daerah tropik. Tumbuhan ini dikenal sangat tahan kekeringan dan mudah diperbanyak dengan stek. Walaupun telah lama dikenal sebagai bahan pengobatan dan racun, saat ini ia makin mendapat perhatian sebagai sumber bahan bakar hayati untuk mesin diesel karena kandungan minyak bijinya. Peran yang agak serupa sudah lama dimainkan oleh kerabatnya, jarak pohon (Ricinus communis), yang bijinya menghasilkan minyak campuran untuk pelumas.

Tumbuhan ini dikenal dengan berbagai nama di Indonesia: jarak kosta, jarak budeg (Sunda); jarak gundul, jarak pager (Jawa); kalekhe paghar (Madura); jarak pager (Bali); lulu mau, paku kase, jarak pageh (Nusa Tenggara); kuman nema (Alor); jarak kosta, jarak wolanda, bindalo, bintalo, tondo utomene (Sulawesi); ai huwa kamala, balacai, kadoto (Maluku).lulang(karo)

Daun dan pohon jarak sangat cocok diberikan untuk jangkrik saat 2 minggu sebelum panen. Getah daun jarak ternyata bermanfaat untuk menambah nafsu makan pada jangkrik. Biasanya daun jarak diberikan 3 hari sekali agar mendongkrak nafsu makan dan menambah daya tahan tubuh jangkrik.

7.       Rumput-rumputan liar 

rumput liar pakan jangkrik
rumput liar pakan jangkrik
Alternatif terakhir sebagai pakan jangkrik adalah rumput-rumputan liar. Jenis rumput-rumputan yang diberikan pada jangkrik biasanya berupa rumput yang menjalar dan berdaun kecil. Selain itu juga dapat diberikan sejenis tanaman pare liar atau biasa disebut pare hutan atau pare alas. 

Pare alas atau yang sering disebut dengan Pare cilik  atau Pare kecil , adalah herba memanjat yang tumbuh liar di berbagai tempat yang tidak terawat, umumnya pada tanah yang agak lembab dan mendapatkan cahaya matahari cukup banyak. Karena tumbuh liar maka Pare jenis ini lebih popular dengan sebutan  Pare alas (Pare hutan).
Momordica balsamina merupakan tanaman setahun yang berasal dari daerah Afrika , sekarang sudah menyebar ke daerah Asia tropis, terutama India, Birma, serta di seluruh kawasan Indonesia, Australia dan Amerika tengah.  Momordica balsamina  memiliki banyak nama umum misalnya Balsam Aple, Balsam Pear, mentimun Afrika .

Tanaman ini dapat ditemukan disekitar rumah kita dan jangkrik sangat rakus sekali bila diberi makan pare alas ini. Karena pare alas mempunyai daun yang kecil dan tipis, jenis rumputan liar ini dapat kita berikan pada jangkrik yang berumur 5 hari sampai umur 20 hari.

Demikian artikel tentang Bahan pakan sayuran alternatif untuk jangkrik yang relatif mudah kita peroleh disekitar kita. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang memulai usaha beternak jangkrik. 

Apabila anda memerlukan telur jangkrik alam untuk memulai budidaya jangkrik, anda dapat memesan telur jangkrik alam ke VAULIA FARM, pusat penjualan telur jangkrik alam berkualitas dengan harga terjangkau dan siap kirim ke seluruh wilayah indonesia. 

Untuk pemesanan telur jangkrik alam, anda dapat menghubungi kami dengan cara klik tautan berikut ini :harga telur jangkrik dan cara pemesanan

0 Response to "#7 pakan sayuran alternatif untuk jangkrik yang murah dan mudah kita temukan. "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel