Cara mengatasi ukuran jangkrik yang tidak seragam atau besar kecil ketika dipanen

Masalah yang sering muncul ketika jangkrik sudah terlihat mulai besar adalah ukuran yang tidak seragam alias besar kecil. Hal ini berakibat pada molornya panen atau kesulitan lain ketika panen. Kita harus memilih satu persatu mana jangkrik yang sudah cukup siap dipanen dan mana jangkrik yang ukurannya masih terlalu kecil. Dengan kendala seperti itu, waktu panen jadi lebih lama.
Mengapa ukuran jangkrik tidak seragam atau besar kecil?

Ukuran Jangkrik

Hal ini biasanya terjadi karena saat menetaskan telur jangkrik, media tempat sembunyi jangkrik sudah ditata terlalu tinggi. Hal itu menjadikan jangkrik yang baru menetas dan berada di dasar box susah naik ke atas. Padahal pakan berada di atas. Jangkrik yang malas naik dan tidak dapat makan, perkembangannya menjadi lambat, kalah cepat dengan jangkrik yang selalu mendapatkan makanan selama 24 jam penuh. Selain penyebab yang sudah disebutkan diatas, alasan lainnya adalah pakan pur yang tidak diayak merata ketika jangkrik umur 0-15 hari. Dengan diayak, pemberian pakan pur menjadi merata sampai ke sela-sela media tempat sembunyi jangkrik. Sehingga semua jangkrik dapat dengan mudah menjangkau pur ayam.

Cara mengatasi ukuran jangkrik yang tidak seragam atau besar kecil ketika dipanen

Tidak ada cara mengatasi ukuran jangkrik yang besar kecil ini apabila kondisi jangkrik sudah terlanjur seperti itu. memang benar kata pepatah, mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Oleh karena itu, sebaiknya cara penataan eggtray dan pemberian pakan ketika jangkrik baru menetas itulah yang kita ganti metodenya. Caranya sebagai berikut lah :

1.       Jangan tumpuk tinggi media klaras atau eggtray ketika menetaskan jangkrik
Penumpukan media yang terlalu tinggi menyebabkan jangkrik susah menjangkau makanan yang berada diatas. Apalagi jangkrik yang berada di dasar box. Sebaiknya penataan eggtray ketika pertama menetaskan diatur rendah, kemudian ditambah secara bertahap ketika jangkrik berumur 15 hari, 25 hari dan 30 hari.

2.       Ayak pur ayam secara merata ketika jangkrik berumur 0-15 hari
Pemberian pur jangkrik harus diayak merata keseluruh bagian box sampai ke sela-sela media tempat sembunyi jangkrik. Usahakan pemberian pur juga sampai kedasar box dimana jangkrik senang bersembunyi disana. Pur jangkrik yang diberikan pun harus digiling sampai menjadi tepung terlebih dahulu agar jangkrik gampang memakannya. Pengayakan ini dilakukan sampai jangkrik berumur 15 hari. Baru kemudian diberi tatakan untuk tempat pur yang diletakkan merata di dalam box.

Demikian cara mengatasi jangkrik yang ukuranya besar kecil atau tidak seragam. Mudah-mudahan bermanfaat bagi para peternak jangkrik. Salam.







0 Response to "Cara mengatasi ukuran jangkrik yang tidak seragam atau besar kecil ketika dipanen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel