-->

Cara Menelurkan Jangkrik Paling Mudah untuk Pemula


Cara Menelurkan Jangkrik Paling Mudah untuk Pemula-Salah satu tehnik budidaya jangkrik yang perlu dipelajari para peternak jangkrik pemula adalah cara menelurkan jangkrik. Peneluran jangkrik sebenarnya sangatlah mudah, gampang dipraktekkan. Tinggal menyiapkan indukan jangkrik jantan dan betina, menyiapkan tempat dan menunggu jangkrik bertelur setiap hari apabila indukan memang sudah siap bertelur. Disini telurjangkrikalam.com akan membahas secara singkat cara menelurkan jangkrik untuk peternak pemula.



 
Contoh Jangkrik Jantan dan Betina
Contoh Jangkrik Jantan dan Betina


jangkrik adalah serangga yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Untuk mengawali budidaya jangkrik tersebut adalah dengan cara menetaskan telur jangkrik di dalam box jangkrik, kemudian setelah menetas dirawat dengan baik sampai panen. Berbagai jenis jangkrik yang dibudidayakan diantaranya adalah jangkrik kalung atau jangkrik genggong dan jangkrik seliring atau biasa dikenal juga dengan jangkrik alam. 

Tags : jangkrik bertelur berapa lama, video cara menelurkan jangkrik, berapa lama telur jangkrik menetas, cara membedakan jangkrik jantan dan betina,ciri ciri jangkrik mau bertelur, cara memisahkan telur jangkrik dari pasir, cara memanen telur jangkrik, cara penetasan telur jangkrik


cara membuat telur jangkrik sendiri pun sangat mudah. artikel ini akan membahas secara singkat dan simpel bagaimana anda mengawali cara memproduksi telur jangkrik. Dimulai dari pemilihan indukan jangkrik yang berkualitas, kemudian cara memasang pasir di box peneluran jangkrik kemudian cara memanen telur jangkriknya. 

Cara menelurkan jangkrik


Persiapan Indukan Jangkrik
Sebelum menelurkan kita harus siapkan terlebih dahulu indukan jangkrik jantan dan betina. cara membedakan jangkrik jantan dan betina adalah dengan melihat bentuk ekor jangkrik jantan dan betinanya. Apabila ekor jangkrik ada dua, berarti itu adalah jenis jangkrik jantan, sedangkan bila ekor jangkrik ada 3 maka bisa dipastikan jangkrik tersebut adalah jangkrik betina. Selain itu, ciri jangkrik jantan atau betina dapat dilihat dari pola sayap jangkrik. Jangkrik dewasa jantan memiliki corak atau pola sayap bergelombang.



Istilah sederhananya adalah jangkrik jantan memiliki batik di sayapnya, sedangkan yang betina memiliki sayap polos atau tidak berpola. Perbandingan antara jantan dan betina yang dipersiapkan untuk peneluran jangkrik biasanya 1:5, maksudnya 1 jantan diharapkan dapat membuahi 5 ekor betina. Jadi, persiapkan saja 1 kg jangkrik jantan dan 5 kg jangkrik betina, satukan di dalam box peneluran. umur jangkrik siap kawin atau bertelur berbeda antara jangkrik alam dengan jangkrik kalung. Untuk jangkrik alam, siap bertelur ketika berumur 50 hari, sedangkan untuk jangkrik kalung biasanya siap bertelur ketika umur 35-40 hari.




Apabila jangkrik sudah menunjukkan ciri jangkrik mulai bertelur, yang ditandai dengan jangkrik jantan yang sudah mengeluarkan bunyi untuk memancing jangkrik betina, dan jangkrik betina sudah mulai mencari tempat lembab dan menusuk-nusukkan ekor lancipnya ke dalam tempat lembab, itulah tanda jangkrik sudah siap untuk bertelur. Maka segera siapkan loyang yang berisi pasir halus sebagai sarana jangkrik betina meletakkan telurnya. 

contoh jangkrik kawin atau bereproduksi dapat anda lihat pada video yang ada dibawah ini : 


Jangkrik jantan mulai memancing perhatian jangkrik betina dengan cara mendekatkan diri dan mengeluarkan bunyi dari sayapnya yang digesekkan. Setelah jangkrik betina terpancing, maka jangkrik jantan akan mendekatkan alat reproduksinya ke alat reproduksi jangkrik betina. Setelah menempel beberapa saat, maka jangkrik jantan akan segera pergi untuk mencari betina lain yang akan dibuahi. 

Setelah pembuahan ini, dalam waktu 1-2 hari, jangkrik betina akan segera bertelur di tempat-tempat yang lembab. 

Cara Memasang Pasir dalam box indukan jangkrik 

Pasir tempat telur jangkrik
Pasir tempat telur jangkrik
Pilih pasir yang berasal dari sungai, ayak untuk mengambil pasir yang halus, kemudian dilembabkan dengan cara disemprot embun, ratakan agar semua pasir menjadi lembab. Setelah itu isi loyang yang sudah kita siapkan dengan pasir lembab, ratakan dan taruh didalam box peneluran yang sudah berisi jangkrik indukan yang siap bertelur. Tidak perlu ribet cari cara mengawinkan jangkrik, karena secara naluri jangkrik akan mencari pasir lembab untuk meletakkan telurnya. Jangkrik betina akan menancapkan ekor jarumnya ke dalam pasir dan meninggalkan telurnya disana. 

cara menelurkan jangkrik


Berapa lama jangkrik bertelur? 

Pertanyaan yang sering diajukan oleh peternak pemula yang sedang belajar memproduksi telur jangkrik adalah Jangkrik Bertelur Berapa Lama?  jawabannya adalah : Waktu reproduksi telur jangkrik untuk jenis serangga ini bervariasi, tergantung dari jenis jangkrik mana yang kita ambil telurnya. pada umumnya jangkrik bertelur setiap hari selama rata-rata 2 minggu, jumlah telur jangkrik yang diproduksi jangkrik betina akan bertambah seiring waktu peneluran kemudian akan menurun ketika mendekati waktu afkir. 1 ekor jangkrik betina bertelur sebanyak 10-50 butir telur setiap hari atau sebanyak 200-500 butir telur selama hidupnya. kuantitas telur jangkrik sangat dipengaruhi oleh jenis jangkrik, pakan jangkrik serta kondisi kesehatan calon indukan jangkrik itu sendiri. 

Setelah 15 hari bertelur, indukan jangkrik akan mati. Oleh karena itu kita sebaiknya mengafkir jangkrik sebelum indukan jangkrik tersebut mati mubazir. Afkiran jangkrik tersebut dapat kita manfaatkan sebagai pakan lele, pakan ayam ataupun sebagai bahan jangkrik kering sebagai bahan pakan tambahan hewan yang kaya kandungan protein.


Pakan yang paling bagus untuk indukan jangkrik 

Untuk menjaga supaya jangkrik dapat bertelur lebih lama dan hasil telurnya lebih banyak, maka kita harus memberikan pakan yang bagus.



Pakan yang bagus untuk indukan jangkrik diantaranya adalah pohon pepaya, daun pepaya muda, pepaya muda yang diiris tipis, pohon tebu, kecambah dan kacang panjang. Selain itu, berikan pur berprotein tinggi supaya jangkrik betina terus memproduksi telur jangkrik di perutnya. Bisa pula ditambahkan susu skim bubuk atau susu SGM yang biasa digunakan untuk bayi, campurkan ke pur jangkrik indukan.




Cara Panen Telur Jangkrik
Setelah jangkrik bertelur di pasir, maka cara memanen telur jangkrik adalah kita harus rajin cek dan ikuti jadwal pengangkatan pasir dari box jangkrik. Jadwal pengangkatan pasir adalah setiap 3-4 hari kita ambil pasir dari dalam box peneluran, simpan di dalam bak atau timba besar kemudian ganti pasirnya dengan pasir baru lalu masukkan kembali loyang berisi pasir baru ke dalam box peneluran agar jangkrik dapat bertelur lagi di pasir berisi loyang baru.

Kemudian berapa lama telur jangkrik akan menetas? Setelah Pasir yang sudah berisi telur jangkrik tersebut disimpan selama 6-7 hari kemudian dipisahkan dari pasirnya setelah ciri telur jangkrik siap menetas sudah terlihat di telur jangkrik tersebut. Cara memisahkan telur jangkrik dari pasir akan kami bahas di artikel yang lain di telurjangkrikalam.com ini, ditunggu ya. 

Apabila dirasa cara menelurkan jangkrik diatas terlalu susah, anda bisa juga langsung membeli telur jangkrik kepada kami, suplier telur jangkrik berkualitas online. Hubungi nomor kontak kami melalui Whatsapp dengan cara klik gambar di bawah ini agar anda bisa memesan telur jangkrik berkualitas.


Cara menelurkan jangkrik


Demikian artikel kami tentang cara menelurkan jangkrik mudah untuk pemula. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda. Bagikan ke FB atau twitter agar orang lain bisa ikut belajar dan mendapatkan manfaatnya pula. Salam





0 Response to "Cara Menelurkan Jangkrik Paling Mudah untuk Pemula "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel