Cara Membuat Jamu Jangkrik Termurah dan Termudah

Cara Membuat Jamu Jangkrik Termurah dan Termudah -Budidaya jangkrik sudah tersebar merata dari ujung sabang aceh sampai merauke papua. Para peternak jangkrik berlomba-lomba mengisi kebutuhan jangkrik dipasaran dengan cara beternak jangkrik sebanyak-banyaknya. Meskipun sudah banyak yang memulai usaha ternak jangkrik, nyatanya kebutuhan jangkrik di pasaran masih sangat kurang. Kota-kota besar seperti jakarta, bandung, surabaya, balikpapan, makassar, banjarmasin, pontianak, pekanbaru, batam dan kota-kota lainnya di indonesia masih memerlukan pasokan jangkrik untuk pakan burung dan pakan reptil dalam jumlah yang tidak terbatas. Hal itu dapat dimaklumi karena pakan burung berupa jangkrik selalu dicari setiap hari. 

Cara Membuat Jamu Jangkrik
Cara Membuat Jamu Jangkrik Termurah dan Termudah

Dengan permintaan yang selalu ada, tidak ada salahnya bila peternak jangkrik selalu mencari inovasi baru bagaimana caranya agar jangkrik dapat panen banyak, kondisi jangkrik sehat dan tidak gampang mati. Sebenarnya dengan pemberian pakan dan minum jangkrik yang baik, pastinya panen jangkrik juga akan sesuai harapan. Namun tidak dapat dipungkiri, tambahan jamu jangkrik atau vitamin bagi jangkrik juga diperlukan, agar jangkrik tetap sehat dan tidak gampang mati ketika diternakkan. 

Baca Juga : cara mengatasi ukuran jangkrik yang besar kecil atau tidak seragam

Fungsi pemberian jamu atau vitamin untuk jangkrik 

1. Menambah daya tahan tubuh jangkrik
2. Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan jangkrik 
3. Menjaga jangkrik tetap sehat dan tidak gampang mati ketika dipanen 


Sebenarnya cara membuat jamu jangkrik itu sangat mudah. Bahan bahan yang diperlukan pun dapat anda temukan di sekitar anda. Cara pembuatannya pun sederhana, singkat dan gampang dipraktekkan oleh peternak jangkrik. Asalkan anda mau mencoba, tentunya jamu jangkrik tidak sulit anda buat. 

Inilah alat dan bahan untuk membuat jamu jangkrik termudah dan termurah, diantaranya adalah sebagai berikut : 

1. EM 4 Peternakan 
2. Air Kelapa 2 liter (dapat diganti dengan Pocari sweat 2 lt) 
3. Gula Merah 2 ons (dapat diganti dengan tetes tebu atau molase) 
4. Empon-empon Bahan Jamu (Temulawak, Kunyit, Kencur, masing-masing 1 ons) 
5. Wadah berupa botol atau Jerigen


Cara pembuatan jamu jangkrik

1. Blender empon-empon bahan jamu yang berupa temulawak, kunyit, kencur bersama dengan air kelapa sebanyak 5 gelas dan gula merah 2 ons. Setelah hancur dan menjadi jus, sisihkan. 
2. Masukkan EM 4 Peternakan ke dalam jerigen sebanyak 2 gelas, kemudian tambahkan sisa air kelapa yang sudah diambil sedikit untuk jus empon0-empon tadi, lalu tambahkan pula jus empon-empon yang sudah kita siapkan sebelumnya. 

Bahan Jamu Untuk Jangkrik
Bahan Jamu Untuk Jangkrik

3. Kocok dengan merata, kemudian tutup dengan tutup jerigen. Jangan ditutup rapat-rapat karena larutan didalamnya akan mengeluarkan gas selama proses pembuatan jamu jangkrik tersebut. 
4. Diamkan selama 7 hari agar terjadi proses fermentasi dan kultur bakteri. 
5. Cek tiap 2 hari sekali, apabila larutan dalam jerigen mengeluarkan gas atau busa dan berbau harum seperti tape, itu tanda ramuan jamu jangkrik sudah berhasil dibuat. Apabila berbau busuk, itu tandanya ramuan gagal. Kegagalan pembuatan ramuan biasanya disebabkan oleh tidak sterilnya bahan dan alat untuk membuat. Ulangi lagi mulai dari awal. 
6. Setelah 7 hari, larutan ramuan jamu untuk jangkrik dapat digunakan. 

Baca juga : makanan jangkrik untuk mempercepat panen

Cara penggunaan ramuan jamu jangkrik 

1. Tambahkan 30 ml (1/4 gelas aqua) ke dalam air bersih sebanyak 1,5 liter. Aduk rata kemudian semprotkan ke sayuran yang diberikan pada jangkrik. 
2. Untuk fermentasi pur : Tambahkan 30 ml (1/4 gelas aqua) ke dalam air bersih sebanyak 1,5 liter. Aduk rata kemudian semprotkan ke pur jangkrik, peram dalam toples selama 24 jam, kemudian berikan pada jangkrik. 

Kegunaan ramuan jamu untuk jangkrik ini adalah membuat jangkrik sehat, tidak gampang mati, tahan terhadap perubahan cuaca serta kotoran yang dihasilkan jangkrik tidak akan berbau. 


Demikian cara Membuat Jamu Jangkrik Termurah dan Termudah, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda. Terimakasih banyak. 


1 Response to "Cara Membuat Jamu Jangkrik Termurah dan Termudah "

  1. Mau nanya mas, ngasinya berapa kali seminggu mas? Saya peternak pemula mas, mohon bantuan pengetahuannya mas.terimakasih mas🙏🙏

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel