-->

Berapa Lama Umur Jangkrik Kalung Saat Diternak ??

Berapa Lama Umur Jangkrik Kalung  Saat Diternak ??-Jangkrik merupakan jenis serangga yang biasa diternakkan di indonesia. Jenis jangkrik Kalung  yang mempunyai nama latin Gryllus Bimaculatusini merupakan salah satu jenis jangkrik yang juga dikenal sebagai Jangkrik Genggong. Ciri dari jangkrik Kalung  ini adalah badannya besar, mempunyai garis putih seperti kalung di lehernya yang akan hilang ketika jangkrik berumur 10 hari. 

Umur jangkrik kalung
Jenis jangkrik Kalung  sangat populer untuk diternak di daerah Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Sulawesi Selatan. Selain di daerah tersebut, jangkrik kalung juga diternakkan di daerah Bali, Nusa Tenggara Barat dan Lampung.

Umur Jangkrik Kalung  Siap Dipanen

Umur jangkrik Kalung  berkisar antara 23-28 hari mulai dari menetas sampai dengan panen. Panen jangkrik dapat dipercepat dengan cara memberikan tambahan pakan yang berkualitas, selain itu dapat juga diberikan vitamin untuk memperpendek umur, mempercepat ganti kulit dan menambah daya tahan tubuh jangkrik Kalung  agar tidak gampang mati. 

Akan tetapi, panen jangkrik Kalung  dapat dilakukan pada usia muda, jika usia jangkrik Kalung  telah mencapai umur 20 hari, ditandai dengan panjang tubuh jangkrik Kalung  yang telah mencapai ± 2 cm, dan telah keluar sayap kecil di punggungnya. Kerugian ketika panen jangkrik usia muda adalah bobot jangkriknya yang rendah sehingga tidak cocok untuk dijual dengan cara ditimbang. Cara panen jangkrik Kalung  usia muda ini hanya cocok bila jangkrik Kalung  dijual per ekor saja. 

Jangkrik Kalung   betina mempunyai umur sekitar 60-90 hari,sedangkan jangkrik Kalung  jantan mempunyai umur maksimal 60 hari. Dalam satu periode hidupnya, jangkrik Kalung  betina dapat bertelur sebanyak 500 butirdan telur jangkrik Kalung  dapat menetas setelah 10 hari diletakkan di dalam pasir. 


Umur jangkrik Kalung


Cara panen jangkrik Kalung  dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

1.Siapkan karung untuk menampung jangkrik Kalung  yang akan dipanen, misalnya karung, box triplek atau kardus yang sudah diisi dengan eggtray bekas atau klaras/ daun pisang  kering sebagai tempat sembunyi jangkriknya. 

2.Pilih kotak jangkrik yang siap dipanen isinya. Kemudian pertama bersihkan eggtray dalam box dengan hati-hati agar jangkrik tidak ikut terangkat atau terbuang, sisakan eggtray setengah dari kapasitasnya agar jangkrik Kalung  berkumpul dahulu di eggtray sisa. 

3.Siapkan ember yang sudah dilapisi lakban di bagian mulut ember, ambil satu persatu eggtray yang didalam box, ketukkan secara perlahan di dalam ember agar jangkrik Kalung  yang menempel di eggtrey dapat jatuh ke dalam ember. 



4.Setelah dirasa cukup, kemudian timbang jangkrik di dalam ember, setelah dicatat beratnya kemudian dimasukkan ke dalam karung yang berisi eggtray atau daun pisang kering yang sudah disiapkan tadi. 

5.Untuk 1 karung biasanya diisi sebanyak 1 kg jangkrik Kalung  atau kurang lebih 1200 ekor jangkrik. Kemudian karung ditali rapat agar jangkrik Kalung  tidak keluar dan siap di bawa ke pasar burung atau ke kios burung langganan anda. 

Demikian artikel singkat tentang Umur Jangkrik Kalung  siap panen, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang ingin mencoba beternak jangkrik Kalung . Terimakasih banyak. 

0 Response to "Berapa Lama Umur Jangkrik Kalung Saat Diternak ?? "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel