Makanan jangkrik untuk mempercepat panen

Pakan Jangkrik yang bagus -  
Dalam artikel sebelumnya kita sudah belajar tentang mengapa telur jangkrik tidak menetas, saat ini kita akan belajar tentang makanan yang bagus buat jangkrik yang sudah menetas.


Dalam budidaya jangkrik, tujuan utama pemberian makanan bagi jangkrik adalah untuk mempertahankan kehidupan jangkrik dan keberlangsungan ternak. Dalam pemberian pakan jangkrik kita dapat memilih pakan yang berkualitas agar jangkrik menjadi cepat besar, cepat panen dan daya tahan tubuhnya lebih bagus lagi.

Berdasarkan pengalaman di Kandang Vaulia Farm, makanan jangkrik yang bagus untuk mempercepat umur panen jangkrik terbagi menjadi dua jenis yaitu Makanan jangkrik Alami dan Makanan jangkrik Buatan. Disini akan kami jelaskan secara mendetail tentang jenis makanan jangkrik tersebut.
1.       

      Makanan Jangkrik alami

Di alam, jangkrik merupakan hewan yang mengkonsumsi daun-daunan, sayuran dan buah. Dalam peternakan modern, asupan makanan jangkrik dapat diberikan berupa sayuran yang banyak mengandung air untuk jangkrik umur 0-15 hari, kemudian dilanjutkan dengan sayuran yang cukup mengandung air dan serat dari umur 15 hari sampai dengan panen.
Untuk mempercepat panen jangkrik, pakan yang diberikan berupa pepaya muda yang diiris tipis agar sesuai dengan kemampuan jangkrik mencerna, dapat pula diberikan daun pepaya yang masih segar, daun ubi dan daun ketela pohon.

2.       Makanan Buatan Jangkrik

Makanan buatan bagi jangkrik amat diperlukan agar mempercepat waktu panen jangkrik dan menambah bobot / berat jangkrik sehingga berdaya ekonomis tinggi. Pakan pabrik yang biasa diberikan pada jangkrik adalah pur ayam.
Pemberian pur ayam untuk jangkrik dimulai dari jangkrik umur 1 hari sampai dengan panen. Makanan untuk mempersingkat panen jangkrik ini dapat berupa pur ayam dengan merk Phokpand 511, BR1 Wonokoyo atau QL pakan puyuh. Cara pemberiannya yaitu sebelum diberikan ke jangkrik, pakan buatan untuk jangkrik ini harus digiling sampai menjadi tepung, sehingga mudah dicerna oleh jangkrik yang mempunyai rantai pengolah makanan yang pendek.

Lalu apakah ada tips lain dari Vaulia Farm untuk mempersingkat umur panen jangkrik?
Cara yang sederhana untuk mempersingkat umur panen jangkrik adalah pemberian pakan yang bermutu tinggi serta pengaturan suhu dalam box jangkrik tersebut.

Untuk penggunaan pur ayam selalu pilih pur ayam yang berkadar protein tinggi diatas 20%, dengan kadar protein tinggi, kebutuhan jangkrik akan protein selalu tercukupi, pertumbuhan jangkrik akan semakin cepat dan mengurangi tingkat kanibalisme. Kita juga bisa menambahkan tepung ikan pada pur jangkrik agar mencukupi kebutuhan protein pada jangkrik.

Selain itu, makanan yang mempercepat usia panen jangkrik adalah sayuran atau hijauan yang telah disemprot oleh konsentrat fermentasi. Dengan penambahan mikrobakteri pada campuran air yang disemprotkan ke sayuran dan hijauan maka perut dan lambung jangkrik akan berisi mikrobakteri baik yang mampu mengurai makanan jangkrik sehingga mampu diserap secara maksimal oleh jangkrik.
Dengan penyerapan maksimal, maka jangkrik akan semakin cepat berganti kulit, akhirnya jangkrik makin cepat besar dan makin cepat pula dipanen.




untuk mengetahui harga telur jangkrik dan harga jangkrik perkilo di kota anda, anda dapat klik tautan di bawah ini : 

harga telur jangkrik perkilo 2017 
harga jual jangkrik di kota besar seluruh indonesia



0 Response to "Makanan jangkrik untuk mempercepat panen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel