cara ternak jangkrik di kardus paling mudah untuk pemula

CARA TERNAK JANGKRIK DI KARDUS- beternak jangkrik merupakan usaha yang gampang dilakukan dan tidak memerlukan biaya yang besar. Biasanya peternak jangkrik menggunakan media pembesaran jangkrik dari kotak tripleks ataupun kotak rangka kayu yang dilapisi dengan plastik. 

Cara ternak jangkrik di kardus
Cara ternak jangkrik di kardus

Serangga yang marak dibudidayakan salah satunya adalah jangkrik. Biasanya jangkrik digunakan sebagai pakan burung dan pakan reptil. Kebutuhan jangkrik di pasaran sangatlah tinggi. Oleh karena itu, budidaya jangkrik tumbuh dan berkembang semakin pesat. 

Mudahnya beternak jangkrik, pasar yang sudah terbuka lebar dan banyaknya penjual telur jangkrik baik online maupun offline mendukung perkembangan budidaya jangkrik di indonesia. Apalagi, jangkrik yang dibudidayakan memanglah jenis jangkrik yang biasa hidup di daerah tropis. 


kandang jangkrik dari kardus
Merakit kandang jangkrik dari kardus


Bila anda menginginkan memperoleh usaha dengan keuntungan yang besar tapi modal sedikit, satu diantara langkahnya yaitu dengan menggerakkan usaha ternak jangkrik yang simpel dan mudah. Kenapa demikian? Sudah pasti karna saat ini usaha ini memilki market share yang begitu menjanjikan. Jangkrik dengan kandungan zat tertentunya dipercaya oleh beberapa pengagum burung kicau bisa jadikan kicau burung makin mantap, bulunya makin mengkilap, serta burung lebih sehat. 

ternak jangkrik murah 
Anda pasti tahu bila di Indonesia tengah demam burung kicau kan? Diprediksikan anemo orang-orang mengenai burung kicau ini
 

Sebagi seseorang pemula, usaha budidaya jangkrik yang simpel yang kami anjurkan buat anda yaitu dengan memakai media kardus untuk tempat budidaya. Ternak jangkrik gunakan kardus itu banyak keuntungannya. Terkecuali cost pembuatan box yang murah karna memakai kardus yang bekas atau reject, kardus juga buat suhu udara jadi stabil serta hangat. 

cara ternak jangkrik di kardus

Jangkrik tidak dapat berkembang dengan baik ditempat yang dingin. Diluar itu, kardus juga gampang di buat serta gampang untuk dikerjakan. penyusunan. Anda semestinya tak mau bikin box cuma satu kan? Agar untungnya lebih banyak buat lebih dari satu box serta tata pada rak kawat, kayu, maupun besi.
 

kali ini Vaulia farm akan mencoba memberikan alternatif ternak jangkrik menggunakan kardus. mengapa harus ternak jangkrik di kardus? sebenarnya jangkrik dapat diternakkan menggunakan media apa saja, bisa akuarium, container box ataupun kotak yang lain. Asalkan syarat keberlangsungan hidup jangkrik terpenuhi, maka ternak jangkrik dalam kardus pun jadilah. di artikel ini mari kita belajar cara ternak jangkrik di kardus



lalu alat atau bahan apa saja yang dibutuhkan untuk ternak jangkrik di dalam kardus? 

alat dan bahan yang dibutuhkan untuk memulai cara ternak jangkrik di kardus antara lain sebagai berikut : 
1. Kardus Besar
2. Lakban 
3. Rak Tambahan 

ternak jangkrik murahVaulia Farm akan menjelaskan satu-persatu bahan yang akan kita gunakan tersebut.

1. Kardus Besar 
untuk penggunaan kardus dalam beternak jangkrik di kardus ini, kami menyarankan untuk memakai kardus bekas packing rokok besar atau kardus bekas lemari es. Dengan bahan yang tebal dan cukup besar, kardus ini dapat dipakai 2-3 kali periode panen. lebih murah dan hemat. 


2. Lakban 
lakban ini berguna sebagai pembatas antara bibir atas kardus agar menjadi licin dan jangkrik tidak bisa memanjat keluar. Selain itu lakban juga digunakan sebagai penambal lobang sela-sela antar sambungan kardus agar jangkrik tidak keluar dari dalam kardus yang kita gunakan sebagai tempat beternak jangkrik. 

3. Rak Tambahan 

Rak tambahan ini berfungsi sebagai alas untuk menempatkan kardus agar tidak terkena langsung dengan lantai. Kaki-kaki rak tambahan kita beri mangkok yang berisi oli agar semut dan hewan predator tidak naik ke kardus dan menyerang jangkrik kita. 

cara ternak jangkrik di kardusCara ternak jangkrik di kardus akan kita awali dengan cara menyiapkan kardus sebagai media beternaknya, 

Pertama-tama kita teliti dulu apakah kardus yang akan kita gunakan sudah cukup rapat sehingga jangkrik yang akan kita tetaskan didalam kardus tersebut tidak akan keluar, apabila masih ada lobang kecil di sekitar dinding dan sambungan kardus bagian bawah maka sebaiknya kita tutup dengan lakban agar rapat sempurna. 
kemudian tutup kardus bagian atas kita potong dan hilangkan, setelah itu bibir atas kardus bagian dalam kita lapisi dengan lakban selebar 10 cm menyeluruh sampai licin sehingga apabila nanti jangkrik yang sudah menetas dan berada di dalam kardus tersebut tidak akan bisa naik sampai keatas karena tertahan oleh lakban yang licin tersebut. 

setelah persiapan kardus selesai kemudian kardus kita isi dengan media untuk tempat sembunyi jangkrik, para peternak jangkrik biasa menggunakan klaras atau daun pisang kering sebagai media untuk tempat sembunyi jangkrik di dalam box, selain itu bisa pula digunakan eggtray atau rak piring telor yang disusun secara rapi sehingga masih ada rongga-rongga yang bisa digunakan sebagai tempat sembunyi jangkrik di dalam kardus tersebut. 




cara ternak jangkrik di kardus

setelah kita selesai menyusun media tempat sembunyi jangkrik didalam kardus tersebut, kemudian kardus tersebut kita susun diatas rak tambahan yang telah kita siapkan. Berikan mangkok yang berisi oli di tiap kaki rak tersebut agar semut dan predator jangkrik yang lain tidak bisa naik ke dalam kardusnya. 

selain digunakan sebagai tempat beternak jangkrik, kardus juga dapat digunakan sebagai tempat untuk mengirimkan jangkrik ke kios burung. berikut ini adalah cara panen jangkrik dan packing jangkrik menggunakan kardus. 

Cara Panen Jangkrik dan Packing Jangkrik Menggunakan Kardus

Setelah jangkrik sudah berumur 30 hari, maka jangkrik tersebut siap dipanen dan dikirim ke pelanggan. Tapi, peternak jangkrik tidak boleh sembarangan ketika memanen jangkriknya. Walaupun panen jangkrik itu mudah, apabila kita sembarangan dan tanpa belajar panen jangkrik yang benar terlebih dahulu, akan menimbulkan kerugian. Jangkrik yang dipanen asal-asalan akan gampang mati karena biasanya sungut dan kaki akan terpotong. Bila jangkrik sudah kehilangan sungut dan kaki maka jangkrik tidak akan tahan lama bila berada di perjalanan menuju kios burung. 

Oleh sebab itu, agar panen jangkrik bisa berkualitas dan hasil panennya tetap terjaga, kita akan belajar cara panen jangkrik dengan memperhatikan panduan di bawah ini : 

cara ternak jangkrik di kardus
Mengirim Jangkrik ke kios burung


1.    Umur Jangkrik ketika dipanen

Peternak jangkrik biasanya memanen jangkrik ketika berumur 24 hari untuk jenis jangkrik kalung dan umur 40-50 hari untuk jangkrik seliring. Umur panen jangkrik juga bisa diperpendek dengan cara penambahan vitamin dan jamu untuk jangkrik agar dapat memaksimalkan hasil panen.
Jangkrik yang sudah berumur lebih dari 40 hari dan bisa dijual biasanya memiliki bentuk sayap yang baru berkembang.

2.    Waktu Panen Jangkrik Yang Tepat

Kualitas jangkrik bisa menurun pada saat pemanenan akibat waktu panen yang salah. Waktu terbaik untuk memanen jangkrik adalah saat sore hari setelah jam 4 sore, atau pagi-pagi sekali sebelum matahari terbit. Cara panen jangkrik yaitu dengan cara ditangkap langsung kemudian dimasukkan ke dalam kotak atau karung yang telah disediakan dan dikelompokkan sesuai dengan ukuran tubuhnya.
Untuk membawa jangkrik ke kios burung waktu yang tepat adalah pagi sebelum jam 9, ketika matahari belum terlalu terik menyengat. Selain itu, sore hari sebelum magrib juga merupakan waktu yang baik untuk membawa jangkrik ke kios burung. Semakin cepat jangkrik dibawa ke kios burung, maka kematian jangkrik di perjalanan akan semakin kecil atau dapat kita minimalisir.

3.    Cara Menyimpan Jangkrik Untuk dibawa Ke kios Burung menggunakan Media Kardus

Ketika Selesai panen jangkrik dari kandang, kita tempatkan jangkrik di media atau tempat untuk membawa jangkrik dari kandang jangkrik menuju kios burung. Media yang dapat digunakan berupa karung atau kardus. Kardus yang sudah disiapkan dilubangi kecil-kecil terlebih dahulu, kemudian diisi dengan klaras atau eggtray secukupnya. Tumpahkan jangkrik ke dalam kardus, kemudian berikan voer atau pakan jangkrik secukupnya. Lalu kardus ditutup rapat dan dilakban agar jangkrik tidak berhamburan keluar.

mudah bukan cara ternak jangkrik di dalam kardus? asal ada kemauan, pasti ada jalan. Meskipun modal kita minim untuk usaha kita masih bisa memanfaatkan limbah dan sisa bahan yang tidak terpakai di sekitar kita untuk beternak jangkrik. 

apabila anda ada kesulitan dalam beternak jangkrik, kami Vaulia Farm siap membantu anda memberikan konsultasi gratis tentang cara ternak jangkrik di kardus, ternak jangkrik untuk pemula dan ilmu budidaya jangkrik

untuk mengetahui harga telur jangkrik dan harga jangkrik perkilo di kota anda, anda dapat klik tautan di bawah ini : 

harga telur jangkrik perkilo 2017 
harga jual jangkrik di kota besar seluruh indonesia
  

0 Response to "cara ternak jangkrik di kardus paling mudah untuk pemula"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel